PERANCANGAN ULANG (REDESIGN) TEMPAT TIDUR UNTUK PASIEN RUMAH SAKIT DENGAN METODE KANSEI ENGENEERING DI PT XYZ

  • Donni Donni Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta
  • Surya Perdana Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta

Abstract

PT XYZ adalah salah satu perusahaan yang bergerak dibidang manufaktur dan jasa pengadaan Hospital Facility, General Contractor dan General Supplier. Berdasarkan keluhan dari distributor dan pasien terkait desain tempat tidur yang digunakan, diketahui bahwa terdapat keluhan pada pasien diantaranya tidak ada alat bantu untuk makan, desain tempa tidur yang tidak bisa digerakkan, dan tidak ada pengereman pada roda. Oleh karena itu perlu dilakukan perbaikan terhadap desain tempat tidur pasien agar sesuai dengan kebutuhan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Kansei Engeneering, Dengan metode Kansei Engeneering pengembangan produk dilakukan berdasarkan perasaan konsumen yang diimplementasikan ke dalam desain produk agar sesuai dengan harapannya. Pengembangan produk yang dilakukan juga berdasarkan ergonomi bentuk tubuh agar hasil produk lebih maksimal. Hasil dari penelitian ini adalah perubahan desain yang dilakukan terhadap tempat tidur pasien berdasarkan elemen desain yang terbentuk dari perasaan konsumen.

References

Djamal, H., & Kurniawan, M. F. (2019). Desain Alat Bantu Pengambilan Part di Warehouse PT XYZ dengan aspek Ergonomi. 6(2), 81–91.
Hidayat, R. (2017). Perancangan Ulang (Redesign) Tempat Tidur Untuk Lansia Dengan Metode Kansei Engineering Dan Pendekatan Gerontology. Jurnal Teknik Industri, 7(1), 21–34.
Mardi, T., & Perdana, S. (2018). Analisis Postur Kerja pada Pembuatan Rumah Boneka dengan Metode Rapid Entire Body Assessment. STRING, 3(2), 107–118.
Marlyana, N., & R, T. A. (2012). Penerapan Metode Kansei Engineering dan Anthropometri Pada Pemilihan Desain Fasilitas Ruangan Warnet. Seminar Nasional Industrial Design, 19–27.
Soenandi, I. A., Ginting, M., & Marpaung, B. (2013). Perancangan Ergonomis Tempat Tidur Rumah Sakit. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 1(2), 95–102.
Suriadi, I., & Atmika, I. K. A. (2017). Studi Kenyamanan Kursi Penumpang Mini Bus Angkutan Pariwisata di Bali dengan Analisis Ergonomic Function Deployment. 2017, 165–168.
Thesman, O. G., & Rahardjo, J. (2017). Pengembangan Produk Masker di PT. XYZ dengan Metode Kansei Engineering. Tirta, 5(1), 31–38.
Published
2020-12-25