ANALISIS PERBANDINGAN BIAYA DAN WAKTU PEMBANGUNAN SUMUR RESAPAN DENGAN TEKNOLOGI MODULAR TANK DAN BUIS BETON (STUDI KASUS PROYEK INALUM CAMP A, KUALA TANJUNG, SUMATERA UTARA)

  • Zulkarnain Zulkarnain Tanri Abeng University , Jakarta
  • Idi Namara Tanri Abeng University , Jakarta

Abstract

Kawasan Inalum  Kuala Tanjung  Sumatera Utara adalah area pengembangan bisnis. Banyak infrastruktur penting dalam kawasan tersebut, diantaranya Pelabuhan Kuala Tanjung, pembangunan Pabrik Smelter Inalum, gedung perkantoran Inalum,gudang penyimpanan  ikan, gudang kelapa sawit,  tempat ibadah, Hotel, Apartemen, perumahan, dan area wisata. Kendala yang dihadapi adalah potensi banjir dibeberapa lokasi pada kawasan Inalum, sehingga dibutuhkan  sistem pengendalian banjir yang baik, efektif, dan efisien. Strategi pengendalian banjir adalah dengan membuat sumur resapan. Tujuan penelitian ini adalah  menganalisis debit banjir rencana dengan metode rasional, menganalisis perbandingan biaya dan waktu pelaksanaan dengan metode fast track dan kurva S.  Adapun data premier  didapat dari hasil survey langsung di lapangan, sedangkan data sekunder didapat dari instansi terkait serta pedoman yang berlaku. Hasil penelitian ini diharapkan dapat merencanakan  sistem sumur resapan yang lebih efektif dan efisien sekaligus menjadi percontohan perencanaan pengendalian banjir di kota – kota besar lain nya .

References

Brinker, Russell C. dkk. 2000. Dasar Dasar Pengukuran Tanah Jilid 1. Jakarta.: Erlangga .
Brinker, Russell C. dkk. 1997. Dasar-Dasar Pengukuran Tanah Jilid 2. Jakarta.: Erlangga .
Frick, Heinz.1979. llmu dan Alat Ukur Tanah. Yogyakarta: Kanisius .
Hartanto, J. Andy. 2012. llmu Ukur Tanah Metode dan Aplikasi BaSian Kedua. Malang: Dioma .
Honing, J. 1996. Konstruksi Bangunan Air. Jakarta: PT Pradnya Paramitra .
Hasmar, Halim H.A. 2012. Drainasi Terapan. Yogyakarta: Ull Press .
Febrina G. 2008. Analisis Curah Hujan Untuk Pendugaan Debit Puncak Dengan Metode Rasional Pada Das Belawan . Kabupaten Deli Serdang. Skripsi. Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara: Medan .
Kurokawa, Angela, & Chaidir A.M. 2008. Analisis Plaxis Untuk Dewatering Basement Di Tanah Kelempungan Dan Kepasiran. Jurnal Mitra Teknik Sipil .Vol. 1, No. 2
Krisnayanti, Denik S, Elia H & Kristina N. D.W. 2017. Perencanaan Drainase Kota Seba Jurnal Teknik Sipil, Vol. VI, No. 1
Maddepungeng, Andi, Irma S & Awaludin M. 2016. Estimasi Biaya Pada Proyek Perumahan (Studi Kasus Proyek Pembangunan Citra Serang Residence). Jurnal Fondasi, Volume 5 No 1.
Astana, Nyoman Yudha. 2017. Estimasi Biaya Konstruksi Gedung Dengan Cost Significant Model. Jurnal Riset Rekayasa Sipil Universitas Sebelas Maret: Hal 7-15 .
Soemarto . (1986). Hidrologi Teknik .Jilid. Surabaya : Usaha Nasional .
Wilson.E.M . (1993) . Hidrologi Teknik . Edisi ke empat . Bandung : ITB .
Cristady, Hary. (2014). Analisis dan Perencanaan Fondasi 1. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Published
2020-12-25