PENERAPAN LEAN PROJECT MANAGEMENT (LPM) DALAM PROYEK KONSTRUKSI PEMBANGUNAN KONSTRUKSI EXHAUST DUCTING KOMPRESOR GAS

  • Rizkal Nur Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta
  • Surya Perdana Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta

Abstract

PT P adalah salah satu perusahaan trader gas swasta yang bergerak dibidang pendistribusian gas bumi melalui transmisi pipa gas mulai dari hulu hingga ke hilir. Perusahaan ini ingin menaikkan produksi gas bumi, untuk mendukung produksi berjalan dengan lancar maka saat ini sedang direncanakan konstruksi pembangunan exhaust ducting kompresor gas yang bertujuan untuk menstabilkan temperatur mesin kompresor gas. Pada proses pengerjaan proyek konstruksi ada permasalahan yang timbul yaitu keterlambatan proyek. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menghilangkan waste yang ada pada proyek tersebut, sehingga dalam pelaksanaan proyek dapat terlaksana dengan lebih efektif dan efisien. Untuk mengatasi hal tersebut dilakukan analisis munggunakan metode Lean Project Management (LPM). Dari penelitian ini di temukan Penyebab timbulnya waiting dikarenakan Lingkungan, cuaca yang buruk, serta adanya peralatan yang rusak saat pelaksanaan proyek. Dari metode Lean Project Management (LPM) dilakukan perhitungan estimasi penjadwalan dengan CCPM di dapatkan hasil percepatan pekerjaan yaitu untuk pekerjaan pembangunan konstruksi exhaust ducting kompresor gas didapatkan waktu selama 28 hari, lebih cepat dari estimasi yaitu 30 hari. Sehingga solusi waste dari cuaca buruk adalah dengan melakukan percepatan pekerjaan disaat cuaca kembali normal sedangkan dari lingkungan adalah dengan melakukan pekerjaan percepataan disaat mesin kompresor tidak beroperasi.

References

Artika, D. (2014). Penerapan Metode Lean Project Management Dalam Proyak Konstruksi Pada Pembangunan Gedung DPRD Kabupaten Organ Hilir. Jurnal Teknik Sipil Dan Lingkungan, 2(1), 171–179.
Harpito, Anwardi, & Tanjung, L. S. (2017). Evaluasi Perencanaan Pembangunan Air Bersih Dengan Menggunakan Metode Lean Project Management (LPM). Jurnal Teknik Industri, 3(1), 38–45.
Perdana, S., & Rahman, A. (2019). Penerapan Manajemen Proyek Dengan Metode CPM (Critical Path Method) Pada Proyek Pembangunan SPBE. Amaliah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 242–250.
Prisilia, H., & Purnomo, D. A. (2018). Aplikasi Metode Lean Project Management Dalam Perencanaan Proyek Konstruksi Pada Pembangunan Gedung Smu Negeri 1 Giri Kabupaten Banyuwangi. Jurnal Teknik Waktu, 16(1), 16–29.
Rahman, A., & Perdana, S. (2019). Analisis Produktivitas Mesin Percetakan Perfect Binding Dengan Metode OEE dan FMEA. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 7(1), 34–42.
Stavenia Untu, S. H., Dundu, A. K. T., & Mandagi, R. J. . (2014). Penerapan Metode Lean Project Management dalam Perencanaan Proyek Konstruksi (Studi Kasus : Pembangunana Gedung Mantos Tahap III). Sipil Statik, 2(6), 1–10.
Published
2020-12-25