ANALISIS PERANCANGAN STASIUN KERJA UNTUK MENGIDENTIFIKASI RESIKO CIDERA DENGAN METODE BIOMEKANIKA, NIOSH DAN SOFTWARE MASTERCAM DI CV X

  • Hendra Ari Wibowo Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta
  • Arif Rahman Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta

Abstract

CV X merupakan perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur dimana setiap pekerjannya berdasarkan job order yang memungkinkan setiap harinya memproduksi pekerjaan yang berbeda-beda. Produk yang sering di kerjakan   atau di produksi pada perusahaan yaitu berupa molding. Perusahaan ini masih menggunakan manual material handling seperti mengangkut, mendorong dan menarik, dengan adanya sistem kerja seperti ini memiliki resiko kerja ergonomi yang sangat besar dimana pekerja mengalami keluhan pada bagian punggung, lengan, kaki dan gangguan lainnya (musculoskeletal disorder). Peneliti menggunakan metode biomekanika dan National Institute for Occupational Safety and Health (NIOSH), data diperoleh menggunakan metode wawancara dan observasi kepada pekerja berdasarkan keluhan yang dirasakan pada saat bekerja. Dari hasil penelitian ini didapatkan momen gaya pada setiap pekerja melebihi standart yang ditetapkan 6500N dan untuk nilai LI pada setiap pekerja melebihi batas 1 (L1 > 1) yang dapat menimbulkan resiko cidera tulang belakang.  Maka untuk mengatasi masalah yang terjadi resiko cidera pada pekerja, maka perlu dibuat sebuah alat bantu untuk meringankan beban kerja seperti table hand lift.

References

Kimberly, F,K. (2014). Seminar Nasional IDEC: Analisis Manual Material Handling (MMH) Menggunakan NIOSH Equation (Studi Kasus Wanita Penjual Jamu Gendong Di Medan).
Muslimah, E.; Pratiwi, I. & Rafsanjani, F.(2006). Jurnal teknik industri: Analisis manual material handling menggunakan niosh equation..vol 5 . Hal 53-60.
Ningrum, L, d.; Susetyo, J. & Oesman, T,I. (2014). Jurnal rekavasi :Analisis postur kerja dengan metode owas dan niosh pada pekerja manual material handlig bagian loading-unloading bandara adisutjipto yogyakarta stsudi kasus PT. Gapura Angkasa. vol 2 . Hal 17-24.
Sanjaya, K, T.; Wirawan, N, H. & Baid, A. (2017). Jati Unik :Analisis postur kerja manual material handling menggunakan Biomekanika dan Niosh. Jurnal teknik industri. Vol 1, Hal. 61-71.
Tiara, M. & Surya, P.(2018). Jurnal String: Analisis Postur Kerja Pada Pembuatan Rumah Boneka Dengan Metode Rapid Entire Body Assessment. Vol.3 No.2.
Zeki, M.; Iskandar. & Iqbal, M.(2017). Jurnal industrial engineering: Analisis efektifitas kerja pengangkatan beban pada bagian pengantongan di PT. PUPUK KRUENG GEUKUH. vol 6. Hal 53-60.
Published
2020-12-25