PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, MOTIVASI DAN PENGUPAHAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT. SERA SINDO MAS WISATA BATAM

  • Mira Yona Universitas Riau Kepulauan, Batam
  • Rossy Alfan Universitas Riau Kepulauan, Batam

Abstract

Hasil dari tujuan penelitian  untuk menguji  dan menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan, motivasi dan pengupahan terhadap kinerja karyawan PT Sera Sindo Mas Wisata.PData dikumpulkan  melalui penyebaran kuesioner dan diolah kepada 30 karyawan PT Sera Sindo Mas Wisata  Batam. Data diolah menggunakan bantuan SPSS. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda, Uji t dan uji f . Hasil analisis menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan dan pengupahan  tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Motivasibberpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Hal ini terlihat dari Gaya kepemimpinan yaitu nilai t hitung  sebesar 0,834 kecil dari t tabel 2,055, Motivasi yaitu nilai t hitung  sebesar 2,355 besar dari t tabel 2,055, dan pengupahan yaitu nilai t hitung  sebesar 0,192 kecil dari t tabel 2,055. Sedangkan hasil penelitian analisis dengan menggunakan koefisien determinasi diketahui bahwa 42% kinerja karyawan dipengaruhi oleh variabel independen yakni gaya kepemimpinan (X1), motivasi (X2) dan pengupahan (X3). Sedangkan sisanya 58% dapat diketahui melalui variabel-variabel lain diluar penelitian ini.

References

Al amin M.A 2018. Pengaruh upah, disiplin kerja dan insentif terhadap produktivitas tenaga kerja mini market Rizki di Kabupaten Sragen. Progran pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta.
Fahmi .I. 2018. Perilaku Organisasi Teori, Aplikasi, dan Kasus. Bandung : Alfabeta
Hasibuan, M. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Grasindo
Jenita. 2010. Statistik 1. Pekan baru: UIR Press
Kaswan, MM, 2014. Leadership and Teamworking “Dalam membangun tim yang efektif dan berkinerja tinggi melalui kepemimpinan”. Bandung : Alfabeta.
Khoiriyah, L. 2015. Pengaruh Upah dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan pada CV. Aji Balijayawijaya Surakarta (Skripsi). Surakarta : Universitas Muhammdaiyah
Kementrian Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia No. Kep49/MEN/IV/2004 tentang ketentuan Skala Upah
Malthis, R.L dan Jackson. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia. Salemba Empat. Jakarta.
Robbins, P.A, 2016. Organizational Behavior, Tenth Edition. Diterjemahkan oleh Drs. Benyamin Molan, PT Macanan Jaya Cemerlang.
Reza, R.A. 2010. Pengaruh Gaya kepemimpinan, Motivasi dan Disiplin kerja terhadap Kinerja Karyawan PT. Sinar Sentosa Perkasa Banjarnegara (Skripsi). Yogyakarta : Universitas Yogyakarta
Rivai, V. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan, Edisi ke 6. Depok : PT Raja Grafindo Persada.
Raharjo, S (2018). Uji normalitas ks residual dengan SPSS. www.spssindonesia.com
Sule, E.T dan Saefullah, K. 2009. Pengantar Manajemen. Predana Media Group .
Simanjuntak, P.J, 2011. Manajemen dan Evaluasi Kinerja. Jakarta : Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
Selivia, M. 2014. Pengaruh Motivasi, Disipilin kerja dan Lingkungan kerja terhadap Kinerja karyawan PT. Inti General Yaja Steel Semarang (Skripsi). Semarang : Universitas Dian Nuswantoro
Sarifah,W. Fathoni,A. Minarsih. 2016. Analisis Pengaruh Kepemimpinan dan Pengembangan Karir Terhadap Kinerja Pegawai melalui Komitmen organisasi pada PT. Nusantara Tour Semarang (Skripsi). Semarang : Universitas Pandanaran.
Sugiyono. 2015. Metode penelitian dan pengembangan. Bandung : Alfabeta
Sugiyono. 2013. Metodologi Penelitian Kuantitatif kualitataif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sunyoto, D. 2014. Praktik riset Perilaku Konsumen. Yogyakarta : CAPS (Center of Academic Publish Service).
Published
2020-12-25