ANALISIS PENYEBAB REJECT PADA PROSES MESIN DIESEL DI BAGIAN TANKI BAHAN BAKAR DENGAN MENGGUNAKAN METODE MULTI ATTRIBUTE FAILUR MODE ANALIYSIS (MAFMA) DI PT XYZ

  • Muhamad Andri Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta
  • Surya Perdana Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta

Abstract

PT XYZ yang begerak dibidang industri mesin diesel belum menemukan solusi atas permasalahan di proses produksi, khususnya di bagian tangki bahan bakar, dimana jumlah reject masih sangat tinggi di atas standar perusahaan yaitu 0%. Reject yang terjadi pada periode Febuari 2018-Januari 2019 yaitu 0,46% dengan jumlah reject 213 pcs dari jumlah produksi 46.785 pcs. Jenis reject yang terjadi antara lain: penyok, tergores, cat lumer,tangki karat dan radiator karat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui reject yang dominan, mengetahui faktor penyebab reject yang dominan, dan memberikan usulan perbaikan terhadap reject yang dominan. Metode yang digunakan untuk perbaikan kualitas yaitu metode Multi Attribute Failure Mode Analysis (MAFMA). Berdasarkan hasil penelitian diketahui jenis reject yang paling dominan yaitu jenis cacat tergores dengan rata-rata RPN sebesar 272 dan rata-rata Fuzzy FMEA sebesar 643. Penyebab reject disebabkan jarak yang terlalu dekat antara produk yang di depan dengan produk di belakangnya pada saat berada di conveyor. Usulan perbaikan yang dilakukan untuk mengurangi produk reject adalah operator diharuskan melakukan pengawasan dalam bekerja saat produk mesin berjalan di conveyor dan menjaga konsentrasi dalam bekerja.

References

Hunusalela, Z. F., Perdana, S., & Usman, R. (2019). Analysis Of Productivity Improvement In Hard Disc Spare Parts Production Machines Based On OEE, FMEA, And Fuzzy Value In Batam. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 508(1), 1–6.
Kurniawan, A., Ferro Ferdinan, P., & Kulsum. (2017). Identifikasi Penyebab Cacat Produk Tinplate Dari Mesin ETL Menggunakan Metode Multi Attribute Failure Mode Analysis (MAFMA). Jurnal Teknik Industri (Vol. 5).
Nasution, S., & Sodikin, R. D. (2018). Perbaikan Kualitas Proses Produksi Karton Box Dengan Menggunakan Metode DMAIC Dan Fuzzy FMEA. Jurnal Sistem Teknik Industri, 20(2), 36–46.
Puspasari, A., Mustomi, D., & Anggraeni, E. (2019). Proses Pengendalian Kualitas Produk Reject dalam Kualitas Kontrol Pada PT Yasufuku Indonesia Bekasi. Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 3(1), 71–78.
Rahman, A., & Perdana, S. (2019). Analisis Produktivitas Mesin Percetakan Perfect Binding Dengan Metode Oee Dan Fmea. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 7(1), 34–42.
Reza, D., Supriyadi, & Ramayanti, G. (2017). Analisis Kerusakan Mesin Mandrel Tension Rell dengan Metode Failure Mode and Effect Analysis (FMEA). Prosiding Seminar Nasional Riset Terapan| SENASSET, (November), 190–195.
Riswan, Nana R, A., & Renosari, P. (2017). Pengendalian Kualitas dengan Metode Failure Mode And Effect Analysis (FMEA) untuk Mengurangi Cacat Produk pada Hasil Produksi Grass Block Lubang Lima (Studi Kasus : PT. Cisangkan-Cijerah). Prosiding Teknik Industri, 3(2), 207–214.
Ellianto, S, D., & Nurcahyo,E. (2019). Implementasi Multi Attribute Failure Mode Analysis Pada Proses Produksi Galon Air Minum Di PT. XYZ. Teknika : Engineering and Sains Journal, 3(1), 31–36.
Published
2020-12-25