ANALISIS PENINGKATAN KINERJA KARYAWAN TERHADAP PRODUKTIVITAS DI PT X DENGAN METODE HUMAN RESOURCES SCHORECARD (HRSC) DAN MANAGEMENT BY OBJECTIVE (MBO)

  • Enitasari Enitasari Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta
  • Surya Perdana Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta

Abstract

PT X merupakan perusahaan yang bergerak di bidang penyedia jasa komunikasi data, internet dan IT services. Tingkat gangguan di Greater Jakarta Operational selama 2018 achieve hanya terjadi 2 bulan dan selebihnya non achieve. Sehingga diketahui masalah tingginya tingkat gangguan jaringan di PT X di atas 5% no achieve dengan standar yang sudah di tetapkan perusahaan maksimal 5% untuk dikatakan achieve. Dalam hal ini membuktikan bahwa produktivitas kinerja karyawan turun dan mengakibatkan perusahaan mengalami kerugian secara financial sebesar 1,3 M. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebab terjadinya penurunan kinerja karyawan dan solusi untuk meningkatkan produktivitas karyawan. Sehingga dianalisis dengan menggunakan metode Human Resources Schorecard (HRSC) dan metode Management By Objective (MBO), pembobotannya menggunakan AHP dan software Expert Choice. Berdasarkan pembobotan yang muncul, diperoleh penyebab kinerja karyawan terhadap produktivitas menurun dikarenakan beberapa faktor antara lain keterlambatan penanganan jaringan yang erorr, ketaatan terhadap peraturan, kurangnya pelatihan yang diadakan perusahaan bagi karyawan dan kurang tanggapnya respon dari customer care. Berdasarkan pembobotan kriteria tertinggi maka yang harus dilakukan perusahaan adalah melakukan pelatihan yang berhubungan dengan teknologi informasi kepada karyawan khususnya karyawan yang bertugas di lapangan, memberi surat peringatan terhadap karyawan yang tidak patuh terhadap peraturan, dan memberi peringatan kepada customer care supaya lebih fokus terhadap tanggung jawab nya agar pelayanan ke customer berjalan lancar.

References

Debora, I., Ringo, S., & Bakhtiar, A. (2016). Analisis Pengukuran Kinerja Dengan Menggunakan Metode Human Resources Scorecard. Industrial Engineering Online Journal, 6(4), 1–6.
Evita, S. N., Muizu, W. O. Z., & Atmojo, R. T. W. (2017). Penilaian Kinerja Karyawan Dengan Menggunakan Metode Behaviorally Anchor Rating Scale Dan Management By Objectives. Pekbis Jurnal, Vol.9, 18–32.
Sahaya, A. R., & Wahyuni, H. C. (2017). Pengukuran Kinerja Karyawan Dengan Metode Human Resources Scorecard dan AHP (Studi Kasus: PT Bella Citra Mandiri Sidoarjo). Studi Manajemen Dan Bisnis, 4(2), 137–145.
Susanti, I., Hubeis, A. V., & Kuswanto, S. (2012). Perancangan Manajemen Kinerja Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan Dengan Ancangan Management By Objectives (MBO) dan Perspektif Balanced Schorecard. Jurnal Manajement Dan Agribisnis, 9(1), 43–58.
Zaini, H., & Suryadi, A. (2020). Analisis Kinerja Perusahaan Dengan Metode Human Resource Scorecard (HRSC) Di CV XYZ. Jurnal Manajemen Industri Dan Teknologi, 1(3), 151–161.
Published
2020-12-25