PERENCANAAN PENDISTRIBUSIAN MATERIAL BUILDING PRODUCT DENGAN METODE DISTRIBUTION REQUIREMENT PLANNING DAN ANALYTIC NETWORK PROCESS DI PTABC

  • Ratih Anggraeni Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta
  • Surya Perdana Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta

Abstract

PT ABC adalah perusahaan yang bergerak dalam penjualan dan distribusi bahan bangunan. Dalam usahanya pemilihan supplier merupakan salah satu faktor kesuksesan perusahaan. Selain itu forecasting perlu dilakukan untuk menangani pengadaan persediaan. Dalam penelitian ini stok barang PT ABC mengalami kekurangan pada 2015, 2016 dan 2017, hal tersebut disebabkan tingginya permintaan konsumen dan terjadi juga keterlambatan kedatangan barang yang menyebabkan stok akhir minus, maka perusahaan mengambil langkah untuk membuat stok tahun berikutnya lebih banyak. Akan tetapi pada tahun 2018 dan 2019 permintaan konsumen lebih sedikit. Kendala muncul pada saat penjualan tidak sesuai dengan forecast demand. Sehingga dalam penelitian ini akan dilakukan analisis dalam perencanaan pendistribusian produk dengan metode Distribution Requirement Planning (DRP) dan Analytical Network Process (ANP). Proses pengambilan keputusan pemilihan supplier cat di PT. ABC melibatkan kriteria biaya, kriteria distribusi bahan baku, kriteria fasilitas supplier dan kriteria karakteristik bahan baku. Untuk menghindari stok akhir yang besar, dilakukan peramalan terhadap permintaan barang dan pengendalian terhadap pengadaan barang sehingga barang yang dibutuhkan tepat waktu dalam pemesanan dengan jumlah yang tepat.

References

Chamdi, M. (2017). Pemilihan Supplier Bahan Baku Kopi Arabika Dengan Metode Analytic Network Process (Studi Kasus : Pt Harum Alam Segar). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 15–22.
Nugraha, E. Y., & Suletra, I. W. (2017). Analisis Metode Peramalan Permintaan Terbaik Produk Oxycan pada PT. Samator Gresik. Seminar Dan Konferensi Nasional IDEC, 415–422.
Pangestu, Y. (2017). Implementasi Distribution Requirement Planning Pada PT Arta Boga Cemerlang Surabaya. Calyptra: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 6(2), 1–17.
Rusydiana, Aam S; Devi, A. (2013). Analytic Network Process : Pengantar Teori dan Aplikasi (Abrista Devi (ed.); 1st ed.). Smart Publishing.
Sinulingga, S., Matondang, N., & Daulay, D. S. H. (2018). Perancangan Konsep Distribution Resource Planning (Drp) Dalam Mendukung Sistem Supply Chain Management (Scm) Pada Pt. Xyz. Jurnal Sistem Teknik Industri, 18(1), 31–35.
Surya, R. S. (2013). Implementasi Metode Distribution Requirements Planning (DRP) Pada CV Karya Mandiri Sejahtera di Surabaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 2(1), 1–19.
Published
2020-12-25