PENGARUH PRESTASI KERJA, INSENTIF, DISIPLIN, DAN GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. PHILIPS BATAM

  • Endik Sunaryo Universitas Riau Kepulauan, Batam
  • Lukmanul Hakim Universitas Riau Kepulauan, Batam
  • Zulkifli Zulkifli Universitas Riau Kepulauan, Batam

Abstract

Kinerja karyawan yang tinggi dapat dirasakan manfaatnya apabila telah menjadi perilaku kerja semua elemen di perusahaan . Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh prestasi kerja, insentif, disiplin dan gaya kepemimpinan terhadap kinerja karyawan. Populasi penelitian ini adalah karyawan PT Philips Batam yang berjumlah 75 orang yang ada di bagian store. Sampel terdiri dari 75 responden, yang diambil dengan metode sampling jenuh. Analisis data menggunakan Regresi berganda dan Uji Hipotesis. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa prestasi kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan, insentif berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan, disiplin berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan, gaya kepemimpinan berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan. Prestasi kerja, insentif, disiplin, dan gaya kepemimpinan secara simultan berpengaruh siginifikan terhadap kinerja karyawan.

References

Fahmi, Irham. (2016). Manajemen Kepemimpinan. Bandung: Alfabeta.
Ghozali, Imam. (2014). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hariandja, Marihot Tua Effendi. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta.
Hasibuan, Malayu S.P. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara
Kasmir. (2016). Customer Services Excellent (Teori dan Praktik). Jakarta: Rajawali Pers.
Kaswan. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Graha ilmu.
Marianus Subianto (2018). Pengaruh Gaji dan Insentif Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Serba Mulia Auto Di Kabupaten Kutai Barat
Mangkunegara, Anwar Prabu. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Marginingsih, Ria. (2016). Kepemimpinan Karismatik Sebagai Employer Branding. Jurnal Bisnis Darmajaya: 32-51.
Novi Catur Muspita (2018). Pengaruh Pemberian Insentif Terhadap Kinerja Karyawan Di Departemen Penjualan PT Pupuk Semen Gresik Palembang.
Panggabean, S, Mutiara. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bogor: Ghalia Indonesia.
Piko Dharma Putra dan Febsri Susanti. (2018). Pengaruh Pemberian Insentif dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan PT Fifgroup Pos Painan.
Any Isvandiari. (2018). Pengaruh Kepemimpinan dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Central Capital Futures Cabang Malang.
Trenggono Widodo, Nanang Alamsyah dan Chandyka Bagus Utomo. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Disiplin Kerja dan Pelatihan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan di PT Telkom Indonesia Cabang Batam.
Heriyanto. (2018). Pengaruh Total Quality Management (TGM), Gaya Kepemimpinan, Kedisiplinan Kerja dan Fungsi Monitoring Terhadap Kinerja Karyawan.
Ratnasari, S. L., Sutjahjo, G., and Adam. (2019). The Contribution Of Competence, Motivation, And Creativity Towards Teacher’s Performance Through Work Satisfaction. International Journal Of Engineering and Advanced Technology (IJEAT). Volume-8 Issue-5C, May 2019. 145-149. ISSN: 2249-8958. DOI:10.35940/ijeat.E1021.0585C19
Rivai, Veithzal. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan dari Teori ke Praktik. Jakarta: PT Raja Grafindo.
Rusda Khairati (2018). Pengaruh Insentif dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Pesisir Selatan.
Robbins, Stephen. (2016). Prilaku organisasi. Jakarta: Salemba Empat.
Sanusi, A. (2014). Metode Penelitian Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.
Saryono, M. Amirudin Syarif, dan Andrian Noviardy (2018). Pengaruh Penilaian Prestasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Mardiatama Konstruksi Palembang.
Sedarmayanti. (2014). Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja, Jakarta: Mandar Maju
Sinambela, lijan. (2017). Kinerja Pegawai. Yogyakarta: Graha ilmu.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: CV Alfabeta.
Sunyoto, Danang. (2015). Manajemen Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: CAPS (Center of Academic Publishing Service).
Sutrisno, Edy. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Soetopo, Hendyat. (2017). Prilaku Organisasi. Bandung: Rosdakarya.
Teguh Wahyono. (2018). Pengaruh Penilaian Prestasi Kerja dan Kepuasan Kerja Terhadap Produktifitas Kerja Pegawai di Kantor Badan Kepegawaian Daerah (BKN) Medan 
Published
2020-12-25