PENGARUH KESADARAN WAJIB PAJAK, PENGETAHUAN PAJAK, DAN SANKSI PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK PENGGUNA E-COMMERCE (STUDI KASUS PADA PENGUSAHA ONLINE SHOPPING DI ARLIE PERCETAKAN KAIN)

Authors

  • Aisyah Ratnasari Universitas Islam Syekh-Yusuf
  • Budiastuti Fatkar Universitas Islam Syekh-Yusuf

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perencanaan pajak, aktiva pajak tangguhan, dan beban pajak tangguhan terhadap manajemen laba perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2013 hingga 2017. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive. contoh. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi logistik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan pajak simultan, aset pajak tangguhan, dan beban pajak tangguhan tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap manajemen laba. Perencanaan pajak secara parsial memiliki pengaruh positif signifikan terhadap manajemen laba. Aset pajak tangguhan dan beban pajak tangguhan secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba.

References

Cindy, Nathania Lomanto dan Mangoting, 2013. Perlakuan PPN Atas Transaksi E – Commerce. Tax & Accounting Riview, Vol. 3, No. 2, ( 2013 )

Gautama, Mochamad dan Suryono, 2014. Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Pajak Orang Pribadi Dalam Membayar Pajak. Jurnal Ilmu & Riset Akuntansi Vol 3 No 12 ( 2014 )

Jotopurnomo, Cindy dan Yenni Mangoting, 2013. Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan Fiskus, Sanksi Perpajakan, Lingkungan Wajib Pajak Berada Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di Surabaya.

Nelsi, Arisandy, 2017. Pengaruh Pemahaman Wajib Pajak, Kesadaaran Wajib Pajak Dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Yang Melakukan Kegiatan Bisnis Online di Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, Vol 14. No.1, Maret ( 2017 )

Nurlaela, Siti, 2014. Pengaruh Pengetahuan dan Pemahaman, Kesadaaran, Persepsi Terhadap Kemauan Membayar Pajak Wajib Pajak Orang Pribadi Yang Melakukan Pekerjaan Bebas. Jurnal Paradigma vol. 11, No.02 Agustus 2013. Issn : 1693-0827

Pancawati, Hardiningsih dan Nila Yulinawati, 2011. Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Kemauan Membayar Pajak. The Factors That Influence The Wilingness To Pay The Tax, 2011. Dinamika Keuangan dan Perbankan, Nopember ( 2011 )

Renald, Runtuwarow dan Inggriani Elim, 2016. Analisis Penerapan Akuntansi Pajak Penghasilan Pasal 21 Atas Gaji Pegawai Negeri Sipil Pada Dinas Perkebunan Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal EMBA, Vol. 4 No. 1 Maret ( 2016 )

Resha, Dwiayu Pangesti, 2017. Menguak Permasalahan Perpajakan E-Commerce Di Indonesia Dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis Airlangga. Vol. 2 ( 2017 )

Sugiyono, 2016, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Alfabeta,Bandung.

Triyana, A.M. Tiraada, 2016. Kesadaaran Perpajakan, Sanksi Pajak, Sikap Fiskus Terhadap Kepatuhan WPOP DiKabupaten Minahasa Selatan. Jurnal EMBA, Vol. 1 No.3 September ( 2013 )

Wurianti, Exti Lusiana Ega, 2015. Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Di Wilayah KPP Pratama. Jurnal ilmu & Riset Akuntansi, Vol. 4 . No 6 ( 2015 )

Downloads

Published

2020-12-25