ANALISIS DAN MITIGASI RISIKO PROSES PRODUKSI DI CV MAINAN KAYU DENGAN PENDEKATAN GREEN SUPPLY CHAIN MANAGEMENT DAN METODE HOUSE OF RISK (HOR)

Authors

  • Dessy Istiqomah Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta
  • Surya Perdana Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta
  • Ridwan Usman Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta

Abstract

CV Mainan Kayu yang merupakan salah satu produsen mainan edukatif berbahan dasar kayu, tentu sangat erat kaitannya dengan brand image yang ramah lingkungan. Menghasilkan 2000 sampai dengan 3000 mainan anak setiap bulannya tentu saja akan menghasilkan limbah yang cukup tinggi. untuk meminimalkan dampak lingkungan dari aktivitas supply chain tersebut penelitian ini dilkakukan di Workshop CV Mainan Kayu Cab. Serpong  bertujuan untuk menentukan kejadian risiko, sumber risiko, dan melakukan mitigasi risiko dengan pendekatan green suppy chain management. Dengan pengisian kuesioner yang diberikan kepada para expert dan brainstorming, selanjutnya dilakukan identifikasi risiko dan menentukan prioritas sumber risiko yang dapat menimbulkan dampak negatif terhadap lingkungan beserta prioritas strategi penanganannya pada proses supply chain dengan pendekatan green supply chain management dan metode House of risk 1 dan 2. Hasil yang didapat dari perhitungan HOR 1 yaitu teridentifikasi 30 risk event dan 16 risk agent. hasil HOR Fase 1 diketahui 6 agen risiko dominan. Selanjutnya pada pengolahan data HOR 2 diperoleh 11 strategi mitigasi, dengan prioritas strategi penanganan tersebut yaitu melakukan pengolahan limbah, membuat produk mainan daur ulang,Memanfaatkan lahan yang tidak digunakan  sebagai area hijau, pemberdayaan karyawan agar dapat mengerjakan pekerjaan multitasking, menggunakan sistem digital dalam mengelola stok barang, melakukan kerjasama dengan beberapa supplier ramah lingkungan, penambahan jam kerja/lembur, menggunakan rak-rak tinggi, mengubah tata letak Workshop, dan membangun gudang penyimpanan bahan baku.

References

Azari, S., Baihaqi, I., & Bramanti, G. W. (2018). Identifikasi Risiko Green Supply Chain Management di PT Petrokimia Gresik. Jurnal Sains Dan Seni Pomits, 7(1), 26–31.

Dewi Cahyani, Z., Rejeki Wahyu Pribadi, S., & Baihaqi, I. (2016). Studi Implementasi Model House of Risk Untuk Mitigasi Risiko Keterlambatan Material dan Komponen Impor Pada Pembangunan Kapal Baru. Jurnal Teknik ITS, 5(2), 52–59.

Ellen Pertiwi, Y., & Susanty, A. (2017). Analisis Strategi Mitigasi Resiko Pada Supply Chain CV Surya CIP Dengan House Of Risk Model. Jurnal Teknik Industri, 6(1), 1–10.

Hunusalela, Z. F., Perdana, S., & Usman, R. (2019). Analysis of productivity improvement in hard disc spare parts production machines based on OEE, FMEA, and fuzzy value in Batam. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 508(1).

Kurniawan, D. C. (2018). Analisis dan Mitigasi Risiko Proses Make, Deliver, Return dengan Pendekatan Model Green Supply Chain Operation Reference (Green SCOR) dan Metode House Of Risk Pada PT. Globalindo Intimates. Universitas Islam Indonesia Yogyakarta.

Magdalena, R., & Vannie. (2019). Analisis Supply Chain dengan Model House Of Risk (HOR) Pada PT Tatalogam Lestari. Jurnal Teknik Industri, 14(2), 53–62.

Maheswari, H., Sigit Santoso, A., & Putri Kuncoro, D. (2016). Pengaruh Kegiatan Reverse logistic Terhadap Kinerja Supplier Chain Position Industri Telepon Selular. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 2(2), 715–737.

Mustaniroh, S. A., Alvian, Z., Kurniawan, F., & Deoranto, P. (2019). Evaluasi Kinerja pada Green Supply Chain Management Susu Pasteurisasi di Koperasi Agro Niaga Jabung Performance Evaluation on Green Supply Chain Management of Pasteurized Milk at Koperasi Agro Niaga Jabung. Jurnal Teknologi Dan Manajemen Agroindustri, 8(1), 57–66.

Rahman, A., & Perdana, S. (2019). Analisis Produktivitas Mesin Percetakan Perfect Binding dengan Metode OEE dan FMEA. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 7(1), 34–42.

Susanty, A., Santosa, H., & Tania, F. (2017). Peniaian Implementasi Green Supply Chain Management di UKM Batik Pekalongan dengan Pendekatan Green SCOR. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 6(1), 55–63.

Ulfah, M., Syamsul Maarif, M., Sukardi, & Raharja, S. (2016). Analisis dan Pebaikan Manajemen Risiko Rantai Pasok Gula Rafinasi dengan Pendekatan House of Risk. Jurnal Teknik Industri Pertanian, 26(1), 87–103.

Downloads

Published

2020-12-25