PEMANFAATAN APLIKASI E-COMMERCE DALAM MELAKUKAN PENJUALAN DAN PEMASARAN TERHADAP PRODUK MITRA

  • Heru Sulistiono Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta Timur
  • Devi Angeliawati Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta Timur
  • Reza Avrizal Universitas Indraprasta PGRI Jakarta Timur

Abstract

E-Commerce merupakan salah satu kegunaan teknologi didalam bidang jual beli melalui media online internet. Salah satu media e-Commerce adalah melalui media social media. Media sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. Beberapa contoh media sosial antara lain Whatsapp Messenger, Blackberry Messenger, Facebook, Twitter, Instagram, Skype, Line, Google Plus, WeChat dan masih banyak yang lainnya. Pesatnya perkembangan media sosial kini dikarenakan semua orang seperti bisa memiliki media sendiri. pengabdian masyarakat di PT. Graha Informatika Nusantara (atau disingkat “PT. Gratika”) adalah memperkenalkan sistem penjualan online baik melalui pemanfaatan media sosial awalnya dan akan berlanjut dengan pembuatan web sehingga dapat membantu program pemasaran dan penjualan produk perusahaan. Tim pengabdian masyarakat memberikan aplikasi ODDO dan pelatihan pengoperasian Sistem ODDO tersebut pada tim penjualan dan pemasaran PT. Graha Informatika Nusantara. Tim juga memberikan pemahaman tentang penggunaan dan pemanfaatan aplikasi ODDO sebagai media online shop. Selama ini proses pemasaran produk masih dilakukan dengan cara manual, sehingga dengan pemanfaatan teknologi akan dapat meringankan kerja dan mampu meningkatkan omset penjualan.

References

Ahmadi, Chandra & Dadang Hermawan. (2013). E-Business & E-Commere. Jogjakarta: ANDI.
Eko. (2013). Membangun Blog Bisnis di Internet. Jakarta: Elex Media Komputindo
Irnawati, Dewi. (2011). Pemanfaatan e-commerce dalam dunia bisnis. Jurnal Ilmiah Orasi Bisnis, (4).
Nugroho, Adi. (2006). E-Commerce Memahami Perdagangan Modern di Dunia Maya. Jakarta: INFORMATIKA
Sanjaya & Ridwan. (2009). Panduan Cepat Mengusasi Facebook. Jakarta: Elex Media Komputindo
idntimes.com. 10 E-Commerce Terbaik yang Menggeser Eksistensi Toko Offline. Diakses 05 Januari 2019, dari https://www.idntimes.com/business/economy/putriana-cahya/10-e-commerce-terbaik-yang-menggeser-eksistensi-toko-offline
odoo.com. Open Source Ecommerce. Diakses 09 Februari 2019, dari https://www.odoo.com/page/open-source-ecommerce
gratika.co.id. Website. Diakses 15 Februari 2019, dari https://www.gratika.co.id/website/
Published
2020-12-25