PELATIHAN UNTUK STAFF TATA USAHA SEKOLAH DASAR DALAM PROGRAM PLK (PEMBUATAN LAPORAN KEUANGAN)

Authors

  • Saruni Dwiasnati Universitas Mercu Buana, Jakarta Barat
  • Yudo Devianto Universitas Mercu Buana, Jakarta Barat
  • Wawan Gunawan Universitas Mercu Buana Jakarta Barat

Abstract

Guru  sebagai  pendidik  profesional  harus  memiliki  kompetensi  diantaranya kompetensi  pedagogis,  kompetensi  kepribadian,  kompetensi  sosial,  dan  kompetensi profesional. Pemanfaatan TIK sudah menyentuh hampir seluruh aspek kehidupan masyarakat. Termasuk salah satunya dalam mendukung pengelolaan kegiatan belajar mengajar pada sebuah sekolah, baik sekolah negeri yang dikelola oleh kemetrian pusat atau sekolah swasta yang dikelola oleh pribadi dengan sepengetahuan dan syarat-syarat dari kementrian pusat. Kendala dalam menerapkan TIK pada wilayah Sekolah Dasar antara lain kurangnya keterampilan pada Staff Tata Usaha dan Guru-guru dalam menggunakan aplikasi komputer seperti Microsoft Excel 2010. Dengan adanya perkembangan teknologi di segala aspek dalam meningkat sebuah hasil yang akan dicapai, maka pada staff Tata Usaha dituntut agar dapat mengembangkan keterampilan dalam membuat laporan-laporan yang berhubungan dengan keluar masuknya uang, laporan administrasi yang berhubungan dengan siswa atau guru dalam sebuah sekolah tersebut untuk mempermudah pelaporan kepada pimpinan. Laporan keuangan merupakan catatan tentang informasi keuangan perusahaan pada suatu waktu akutansi, yang dipakai untuk menggambarkan kondisi atau kinerja sekolah tersebut. Adapun lokasi kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Meruya Utara 05 Pagi dan Petang yang berlokasi di Kelurahan Meruya Utara Jakarta Barat. Tujuan pelaksanaan kegiatan PPM ini adalah untuk memberikan Pelatihan Microsoft Excel dalam pembuatan Laporan Keuangan untuk Staff Tata Usaha pada Khususnya dan Para Guru SDN Meruya Utara 05 Pagi dan Petang. Hasil dari penerapan ini adalah staff Tata Usaha bahkan guru-guru yang sebelumnya belum mengetahui apa itu Microsoft Excel saat ini sudah tau bagaimana bentuk dan output dari Microsoft Excel.

References

Faizatul Amalia dkk. (2019). Pelatihan Penulisan Jurnal Ilmiah pada Guru Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol.5, No.3, Desember 2019, Hal.318 –330(Indonesian Journal of Community Engagement)

http://tantri.weblog.esaunggul.ac.id/2013/08/03/definisi-microsoft-excel/

Goukm.id. “Data Pengguna Internet di Indonesia 2016â€. 2016 [online], available : http://goukm.id/data-pengguna-internet-di-indonesia-2016/ dilihat tanggal, 26 Oktober 2017.

Isparmo.“Data Statistik Pengguna Internet Indonesia Tahun 2016â€. 2016 [online], available : http://isparmo.web.id/2016/11/21/data-statistik-pengguna-internet-indonesia-2016/ dilihat tanggal, 26 Oktober 2017.

Sekolah Kita. “(20105373) SD NEGERI MEREYU UTARA 05 PAGI DAN PETANGâ€. 2017 [online],available : http://sekolah.data.kemdikbud.go.id/index.php/chome/profil/00ccbe94-2bf5-e011-b206-af2f14e88b79 dilihat tanggal, Juni 2018.

Downloads

Published

2020-12-25