ANALISIS PERENCANAAN TEBAL LAPIS PERKERASAN KAKU (RIGID PAVEMENT) DENGAN METODE AASHTO 1993 DAN BINA MARGA (PD-T-14-2003) PADA RUAS JALAN KAMPUNG BAHARI TAMBAK LOROK KOTA SEMARANG

Authors

  • Fatchan Avaldo Rofiansyah Universitas Negeri Semarang

Abstract

Ruas Jalan Kampung Bahari Tambak Lorok merupakan ruas jalan yang sering dilalui oleh kendaraan pengangkut ikan baik berupa truk maupun mobil pick up, kendaraan pribadi, serta seringnya kawasan tersebut dilanda banjir rob yang terjadi hampir setiap hari. Penelitian ini bertujuan untuk merencanakan suatu konstruksi perkerasan kaku (rigid pavement) bersambung dengan tulangan menggunakan metode AASHTO 1993 dan Bina Marga 2003 sehingga akan diperoleh perencanaan tebal perkerasan beton untuk mampu mendukung beban lalu lintas yang melintasi ruas jalan tersebut serta faktor yang membedakan hasil antara kedua metode yang digunakan. Untuk studi kasus Jalan Kampung Bahari Tambak Lorok dengan menggunakan metode Bina Marga 2003 diperoleh tebal pelat 22 cm dan metode AASHTO 1993 diperoleh tebal pelat 28 cm. Perbedaan kedua metode ini disebabkan karena adanya perbedaan parameter input dari kedua metode, yaitu pada metode Bina Marga 2003 nilai beban lalu lintas serta analisis fatik dan erosi dijadikan sebagai acuan untuk menentukan tebal lapis perkerasan beton sedangkan untuk metode AASHTO 1993 parameter seperti deviasi standar keseluruhan dan koefisien drainase ikut dipertimbangkan dalam perencanaan tebal perkerasan.

References

Affandi, F., dkk. Perencanaan Perkerasan Jalan Beton Semen. Departemen Permukiman dan Prasarana Wilayah.

Anonim. AASHTO (American Association of State Highway and Transportation Officials) Guide for Design of Pavement Structures 1993.

Manu, A. I. Perkerasan Kaku (Rigid Pavement). Perpustakaan Kementrian Pekerjaan Umum.

Ridwansyah, A. M., dkk. (2016). Perencanaan Tebal Perkerasan Kaku (Rigid Pavement) Pada Ruas Jalan Tol Karanganyar-Solo.

Sulistyo, D., dkk. (2013). Analisis Perbandingan Perencanaan Perkerasan Kaku dengan Menggunakan Metode Bina Marga dan Metode AASHTO Serta Merencanakan Saluran Permukaan Pada Ruas Jalan Abdul Wahab, Sawangan.

Tahrir, R., dkk. Analisa Perancangan Perbandingan Tebal Perkerasan Kaku (Rigid Pavement) Dengan Menggunakan Metode AASHTO 1993, SNI PD-T-14-2003, ROAD NOTE 29 dan NAASRA 1987 Jalan Kubang Raya Provinsi Riau, Lintas Timur Sumatera.

Wardani, M. K. Perencanaan Jalan Di Atas Tanah Sangat Lembek (Gambut, Lempung Lembek) dan Metode Perbaikannya.

Downloads

Published

2020-12-25