ANALISIS PENINGKATAN PRODUKTIVITAS KINERJA KARYAWAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE HUMAN RESOURCE SCORECARD DAN FUZZY ANALIS HAERARKY PROSES DI PT HSL

  • Hadi Sulamto Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta
  • Surya Perdana Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta

Abstract

PT HSL adalah perusahaan manufaktur yang bergerak di bidang industri berbagai alat medis. Produksi selama tahun 2018 hanya terjadi 3 bulan saja yang tidak mencapai target yaitu Juni, Agustus dan Oktober, hal tersebut disebabkan oleh produktivitas kinerja karyawan yang menurun.Dampak yang ditimbulkan adalah pelanggan berpindah ke kompetitor lain dan perusahaan mengalami kerugian secara financial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Faktor yang menyebabkan target tidak tercapai serta memberikan solusi kepada pihak perusahaan.untuk menyelesaikan dari permasalahan tersebut digunakan metode Human Resources Scorecard (HRSC) dan Fuzzy Analytical Hierarchy Process (FAHP). Dalam penelitian ini diperoleh hasil penyebab target tidak tercapai yaitu kurangnya pengetahuan operator Produksi dalam pembuatan produk baru dan rasa kurang puas akan kebijakan perusahaan.untuk mengatasi hal tersebut,perusahaan harus meningkatkan skill dan kompetensi (training setiap tiga bulan sekali) terhadap berbagai jenis produk,memperbaiki system reward, memperbaiki career development (memberikan motifasi untuk meningkatkan  produktivitas karyawan),meningkatkan Efisiensi kinerja operator dan Meningkatkan Kecepatan Layanan Bagi Karyawan.

References

Ardianwiliandri, R., Efranto, R. Y., & Handini, A. (2019). Pengukuran Kinerja Sumber Daya Manusia Dengan Pendekatan Human Resources Scorecard. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, Vol 6 No (3), Hal 347–351.
Lorisa, C., & Doaly, C. O. (2018). Pengukuran Kinerja Sumber Daya Manusia Dengan Human Resource Scorecard Di Pt. Trio Jaya Steel. Jurnal Teknik Industri, Vol 7 No (3), Hal 132-135.
Safitri, K., & Tinus Waruwu, F. (2017). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Karyawan Berprestasi Dengan Menggunakan Metode Analytical Hieararchy Process (Studi Kasus : PT.Capella Dinamik Nusantara Takengon). Jurnal Media Informatika Budidarma, Vol 1 No (1), Hal 12–16.
Sahaya, A. R., & Wahyuni, H. C. (2017). Pengukuran Kinerja Karyawan Dengan Metode Human Resources Scorecard Dan AHP (Studi Kasus : PT. Bella Citra Mandiri Sidoarjo). Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, Vol 4 No (2), Hal 137–145.
Yunitarini, R., Cahyani, A. D., & Wulandari, A. (2015). Keputusan Penentuan Pemberian Beasiswa Menggunakan Metode Fuzzy Analytical Hierarchy Process ( Fahp ) Dan Oreste ( Studi Kasus : Universitas Trunojoyo Madura ) Pada lembaga pendidikan khususnya Universitas banyak sekali menawarkan beasiswa kepada mahasisw. Jurnal Simantec, Vol 4 No (3), Hal 141–148.
Zakariya, M., & Andesta, D. (2016). Penilaian Kinerja Karyawan Dengan Metode Human Resources Scorecard Dan Fuzzy Ahp (Studi Kasus Di Ud Jasa Pulsa Gresik Kebomas). Jurnal Matrk, Vol XVI No (2), Hal 69–78.
Published
2020-12-25