PENERAPAN E-CRM PADA STIE PEMBANGUNAN TANJUNGPINANG

  • Dwi Septi Haryani STIE Pembangunan Tanjungpinang

Abstract

Pada era digital seperti sekarang ini, sudah seharusnya perguruan tinggi mempunyai website. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pembangunan Tanjungpinang (STIE) sudah mererapkan sistem berbasis teknologi informasi dan komunikasi dalam pelayanan, pembelajaran dan administrasi. Adanya website sebagai layanan sajian informasi memudahkan pengguna mahasiswa sebagai pelanggan dalam mengakses informasi dan komunikasi antara mahasiswa dengan kampus secara efisien. Konsep hubungan ini dinamakan Electronic Customer Relationship Management (E-CRM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penerapan dari E-CRM di STIE Pembangunan Tanjungpinang. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dengan populasi seluruh mahasiswa aktif tahun 2019 sejumlah 2357 orang. Dengan menggunakan rumus slovin dan eror 5% diperoleh sampel sebanyak 342 orang dengan teknik Nonprobability sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan E-CRM STIE Pembangunan Tanjungpinang sudah baik. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan terutama mengenai Informasi yang tersedia pada website STIE Pembangunan harus selalu terkini agar informasi selalu baru.

References

Bezovski, Z., & Hussain, F. (2016). The Benefits of the Electronic Customer Relationship Management to the Banks and their Customers. Research Journal of Finance and Accounting, 7(4), 112–116. Retrieved from http://eprints.ugd.edu.mk/15690/
Bin-nashwan, S. A., & Hassan, H. (2017). Impact of Customer Relationship Management (CRM) on Customer Satisfaction and Loyalty : A Systematic Review Akademia Baru Journal of Advanced Research in Business Impact of Customer Relationship Management (CRM) on Customer Satisfaction and Loyalty : A Sy. Journal of Advanced Research in Business and Management Studies, 6(1), 86–107.
Kennedy, A. (2006). ELECTRONIC CUSTOMER ( eCRM ): OPPORTUNITIES AND CHALLENGES IN A DIGITAL WORLD. Irish Marketing Review, 18(1&2), 59–68.
Krasnikov, A., Jayachandran, S., & Kumar, V. (2009). The impact of customer relationship management implementation on cost and profit efficiencies: evidence from the u.s. commercial banking industry. Journal of Marketing, 73(6), 61–76. https://doi.org/10.1509/jmkg.73.6.61
Laudon, K. C. (2009). Sistem Informasi Manajemen (10th ed.; S. Nina, ed.). Jakarta: Salemba Empat.
Peelen, E., & Beltman, R. (2013). Management (Second). Harlow: Pearson.
Prasetya, F. N., & So, I. G. (2014). Pengaruh E-Marketing dan E-Crm Terhadap E-Loyalty Website Usaha Komunikasi Pemasaran. Binus Business Review, 5(1), 8–17. https://doi.org/10.21512/bbr.v5i1.1191
Rad, H. S., Ghorabi, M., Rafiee, M., & Rad, V. S. (2015). Electronic Customer Relationship Management: Opportunities and Challenges of Digital World. International Journal of Management, Accounting & Economics, 2(6), 609–619. https://doi.org/110457118
Rosmayani. (2016). Customer Relationship Management. Jurnal Valuta, 2(1), 83–98.
Yu, X., Nguyen, B., Han, S. H., Chen, C. H. S., & Li, F. (2015). Electronic CRM and perceptions of unfairness. Information Technology and Management, 16(4), 351–362. https://doi.org/10.1007/s10799-014-0210-4
Yulianti, L., Sjahruddin, H., & Tahir, B. (2015). Implementasi Customer Relationship Management ( CRM ) Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Pengguna Smartphone Android Merek Samsung. Jurnal Organisasi Danmanajemen, 3(3), 1–15.
Published
2020-12-25