IMPLEMENTASI LIKUIDITAS DAN LEVERAGE YANG BERDAMPAK TERHADAP PROFITABILITAS DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI MODERATING

  • Supitriyani Supitriyani STIE Sultan Agung, Pematangsiantar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran likuiditas, leverage, profitabilitas, dan ukuran perusahaan, pengaruh likuiditas dan leverage terhadap profitabilitas baik secara simultan maupun parsial, dan kemampuan ukuran perusahaan dalam memoderasi hubungan likuiditas dan leverage terhadap profitabilitas pada Perusahaan Sub Sektor Hotel, Restoran dan Pariwisata yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia secara parsial. Penelitian ini dilakukan dengan metode analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif dengan pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 35 perusahaan dengan sampel penelitian sebanyak 13 perusahaan. Teknik analisis yang digunakan adalah uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, koefisien korelasi dan determinasi serta uji hipotesis. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: 1. Likuiditas dan leverage mengalami penurunan sedangkan profitabilitas dan ukuran perusahaan mengalami peningkatan. 2. Hasil pengujian regresi linear berganda tanpa variabel moderating diketahui bahwa likuiditas berpengaruh positif dan leverage berpengaruh negatif terhadap profitabilitas. 3. Hasil pengujian regresi linear berganda dengan variabel moderating diketahui bahwa ukuran perusahaan dapat memperlemah hubungan antara likuiditas dan leverage terhadap profitabilitas. 4. Hasil uji hipotesis pertama dapat disimpulkan bahwa likuiditas dan leverage berpengaruh tidak signifikan terhadap profitabilitas, sedangkan secara parsial likuiditas dan leverage berpengaruh tidak signifikan terhadap profitabilitas 5. Hasil uji hipotesis kedua dapat disimpulkan bahwa ukuran perusahaan tidak mampu memoderasi dan tidak signifikan hubungan antara likuiditas dan leverage  dengan profitabilita secara parsial.

References

Arifin, D. S; Buyung, S. & Riski, A. M. (2018). Pengaruh Likuiditas, Leverage, Ukuran Perusahaan, dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Profitabilitas (Studi pada Perusahaan Property dan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2017). Jurnal Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, 5(2).
Ambarwati, N. S.; Gede, A. Y. & Ni Kadek, S. (2015). Pengaruh Modal Kerja, Likuiditas, Aktivitas dan Ukuran Perusahaan Terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. E-Jurnal Ilmiah Akuntansi, 3(1).
Ardiansyah, E. F. (2017). Pengaruh Leverage, Likuiditas, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Artikel Ilmiah, 5(1). 22-31.
Dewi, D. M. (2016). Pengaruh Likuiditas, Leverage, Ukuran Perusahaan, Terhadap Kewajiban Dividen Tunai dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Bisnis dan Ekonomi (JBE), 23(1).
Hery. (2015). Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta: CAPS.
Islami, M. A. & Deannes, I. (2019). Pengaruh Leverage dan Likuiditas Terhadap Profitabilitas (Studi pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Tekstil dan Garment yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014 – 2018). E-Proceeding of Management, 6(2). 42-53.
Kasmir (2015). Analisis Laporan Keuangan, Edisi 8. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Mailinda, dkk. (2018). Pengaruh Leverage, Likuiditas, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Profitabilitas Pada BNI Syariah Di Indonesia Periode 2015-2017. Jurnal Keuangan, 3(4), 147-160.
Meidiyustiani, R. (2016). Pengaruh Modal Kerja, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Penjualan dan Likuiditas Terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode Tahun 2010 – 2014. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 5(2), 37-50.
Munawir, S (2004). Analisis Laporan Keuangan, Edisi IV, Jilid 3. Yogyakarta: Liberty.
Putri H., dkk. (2015). Pengaruh Leverage, Ukuran Perusahaan, Perputaran Modal Kerja dan Likuiditas Terhadap Profitabilitas. Jurnal Manajemen, Vol. 5. No.2.
Rudianto. (2009). Pengantar Akuntansi. Jakarta: PT Glora Aksara Pratama.
Safitri, N., dkk. (2019). Perbandingan Kinerja keuangan Sebelum dan Sesudah Akuisisi pada PT First Media, Tbk yang Terdaftar di Bursa Efekk Indonesia. Jurnal Financial. Vol. 5. No.2.
Silitonga, H. P. et al. (2017). Pengaruh Likuiditas Dan Leverage Terhadap Profitabilitas Pada Pt Japfa Comfeed Indonesia, Tbk. Yang Terdaftar’, Financial: Jurnal Akuntansi, 3(1), pp. 1–9.
Subramanyam, KR., John, J. Wild (2010). Analisis Laporan Keuangan, Buku Satu, Edisi Sepuluh. Jakarta: Salemba Empat
Sudana. I. M. (2011). Manajemen Keuangan Perusahaan Teori dan Praktek. Jakarta: Penerbit Erlangga
Yuliati, N. W. (2013). Pengaruh Kebijakan Modal Kerja Terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Hotel dan Restoran di Bursa Efek Indonesia. (Tesis). Universitas Udayana
Published
2020-12-25