ANALISIS SATUAN RUANG PARKIR DARI ASPEK ADANYA PETUGAS PENGATUR KENDARAAN SEPEDA MOTOR UNTUK STASIUN TAWANG DAN STASIUN PONCOL

  • Mohamad Irsyad Widyadi Teknik Sipil/Teknik Sipil S1, Teknik, Universitas Negeri Semarang

Abstract

Stasiun Poncol dan Stasiun Tawang merupakan stasiun kereta api yang ada di Kota Semarang. Studi ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan Satuan Ruang Parkir kendaraan sepeda motor yang ada di kedua stasiun tersebut. Stasiun Poncol memiliki petugas pengatur kendaraan yang masuk ke area parkiran, sedangkan Stasiun Tawang tidak memiliki petugas pengatur kendaraan. Metode yang digunakan dalam studi ini dengan cara survei primer ke stasiun Poncol dan Stasiun Tawang. Caranya dengan menghitung kendaraan yang ada dan mengukur luasan terpakai pada saat jam puncak, sebelum jam puncak, dan setelah jam puncak. Selain itu, metode lain yang digunakan adalah dengan melihat data sekunder yang ada, seperti informasi dari situasi parkiran tersebut.Dari hasil survei diketahui bahwa Stasiun Poncol memiliki perbedaan dengan Stasiun Tawang. Perbedaan tersebut berupa luas parkir dan jumlah kendaraan yang lebih besar daripada Stasiun Tawang, selain bahwa Stasiun Poncol tidak menggunakan petugas pengatur parkir. Hasil yang didapatkan dalam studi ini di Stasiun Poncol Rasio Volume per Kapasitas (VCR) sebesar 0.88, dan SRP empiris sebesar 0.71 m2 / sepedamotor, sementara di Stasiun Tawang VCR sebesar 0.77 dan SRP empiris sebesar 0.88 m2 / sepedamotor. Dapat disimpulkan bahwa VCR kendaraan parkir lebih berpengaruh terhadap nilai SRP, dibandingkan keberadaan petugas pengatur parkir.

References

Darat, D. J. P. (1996). Pedoman Teknis Penyelenggaraan Fasilitas Parkir. Departemen Perhubungan. Jakarta.
Rachman, F. (2011). Analisis kapasitas ruang parkir sepeda motor kawasan UNNES. Semarang.
Maulana, Rahayu & Herianto. (2015). Studi Optimalisasi Fasilitas Parkir di Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lampung. Lampung.
Tan, l. I. & Arie. (2007). Tinjauan Kepuasan Pelanggan Terhadap Kualitas Pelayanan Parkir Basemen di Pusat Perbelanjaan Bandung Supermall. Bandung.
Andreas, dkk. (2015). Analisis Kebutuhan Ruang Parkir Paragon Mall Semarang. Semarang.
Yunita, Roky & Andy. (2012). Analisis Kebutuhan Lahan Parkir Di Rumah Sakit Umum Daerah Prof. DR. W.Z. Johannes Kupang. Kupang.
Published
2020-12-25