ANALISIS LOSS COST YANG DISEBABKAN OLEH CACAT PRODUKSI DI CV ABC DENGAN MENGGUNAKAN METODE POKA YOKE

  • Aldi Budi Renaldi Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta
  • Surya Perdana Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta

Abstract

CV ABC merupakan perusahaan yang memproduksi koper untuk keperluan umrah, dalam proses produksi CV ABC masih mengalami masalah dalam kualitas,  seperti terjadi cacat produksi yang berimbas pada biaya kehilangan (Loss Cost), cacat produksi sering terjadi pada proses perekatan, cacat produksi terjadi sebanyak 5% sampai 8% dari total produksi. Belum ada penanganan yang tepat pada kasus ini, sehingga menyebabkan kerugian yang terus menerus. Pengambilan data yang dilakukan pada penelitian ini dilakukan dengan cara wawancara dan pengamatan langsung. Penyebab dari cacat produksi yaitu dayan rekat lem yang kurang, karyawan kurang konsentrasi dan lelah serta metode yang diterapkan perusahaan yang kurang tepat.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab cacat produki, mengetahui Loss cost yang terjadi dan memberi usulan perbaikan yang dapat diterapkan perusahaan, sehingga perusahaan tidak menanggung Loss Cost yang tinggi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode poka yoke. Hasil dari penelitian ini diketahui faktor penyebab cacat produksi adalah lem yang cepat kering, daya rekat yang kurang, jam kerja yang terlalu panjang sehingga membuat karyawan cepat lelah dan hilang konsentrasi (tidak fokus), dari bulan Oktober sampai November cacat produksi yang terjadi di perusahaan menyebabkan kerugian sebesar Rp 18.990.562 dan kerugian material sebesar Rp 6.756.650, untuk mengurangi loss cost yang terjadi maka harus dilakukan penambahan alat bantu yaitu mesin press agar daya rekat makin kuat.

References

Fauzan, M. R., Poeri, P., & Iqbal, M. (2016). Usulan Perbaikan Proses Pencetakan Motif Pada Kain Gery untuk Meminimalisi Waste Defect di PT. Kharisma Printex Dengan Pendekatan Lean Manufacturing Impruvment Proposal of Moties Printing Processing at PT Kharisma Printex for Minimizing Waste Defect Using Lean Manufacturing Approach Abs trak. E-Proceeding of Enginering, 3(2), 2974–2981.
Hartini, S., & Al Farazi, B. (2010). Standarisasi Tata Letak Mesin Dengan Metode Poka Yoke Untuk Mereduksi Breakdown Mesin dan Cacat Botol (Studi Kasus di Perusahaan Minuman). Jurnal Standarisasi, 12(1), 20–25. Retrieved from www.barcominc.com
Hudori, M., & Simanjuntak, J. M. (2017). Ergonomic and work system Poka Yoke untuk Pembuatan Palet Package Information di Bagian Shipping. Industrial Engineering Journal, 6(1), 16–21.
khairani Sofyan, D. (2018). Analisis Biaya Kehilangan (LOSS COST) DARI Produk Air Minum dalam Kemasan (AMDK) Menggunakan Metode Poka Yoke. Jurnal Optimasi, 2(3), 238–250.
Putri, D. R., Handayani, W., Ekonomi, F., Bisnis, D., Veteran, U. ", & Timur, J. (2019). Zero Defect Pada Produksi Kantong Kraft Melalui Metode Poka Yoke di PT. Industri Kemasan Semen Gersik. Jurnal MEBIS (Manajemen Dan Bisnis), 4(1), 44–58.
Syarifuddin, H. (2018). Analisis Pengendalian Jumlah Produk Cacat Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Menggunakan Metode Poka Yoke di PT Ima Montaz Sejahtera. Industrial Engineering Journal, 7(2), 25–31.
Syarifuddin, S., & Sofyan, D. K. (2018). Analisis Biaya Kehilangan (LOSS COST) DARI Produk Air Minum dalam Kemasan (AMDK) Menggunakan Metode Poka Yoke. Jurnal Optimalisasi, 2(3), 238–252. https://doi.org/10.35308/jopt.v2i3.209
Published
2020-12-25