ANALISIS SATUAN RUANG PARKIR SEPEDA MOTOR DARI ASPEK ADANYA PETUGAS PENGATUR DAN TANPA PETUGAS PENGATUR PADA MALL CIPUTRA DAN MATAHARI DEPARTMENT STORE SEMARANG

  • Alif Miftah Alluckies Muchtarullah Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang, Semarang
  • Alfa Narendra Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang, Semarang

Abstract

Mall merupakan salah satu tempat yang umumnya banyak dikunjungi. Mall Ciputra dan Matahari Department Store termasuk salah satu mall besar dan sering dikunjungi oleh penduduk di Kota Semarang karena letaknya yang berada di pusat kota. Ruang parkir tentu akan menjadi hal yang penting untuk menunjang aktivitas tersebut. Tempat parkir ada yang menggunakan petugas pengatur dan tanpa petugas pengatur. Studi ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan Satuan Ruang Parkir (SRP) pada tempat parkir yang menggunakan petugas pengatur parkir dan tanpa petugas pengatur parkir. Metode yang digunakan adalah metode observasi dengan melakukan survei primer ke Mall Ciputra dan Matahari Department Store dengan menghitung jumlah kendaraan dan luasan terpakai pada jam yang telah ditentukan. Selain itu juga menggunakan data sekunder yang ada, seperti informasi dari google map dan peta lokasi parkir yang didapatkan dari pihak pengelola parkir Mall Ciputra dan Matahari Department Store. SRP rata-rata pada Mall Ciputra yang tidak memiliki petugas pengatur parkir adalah 0,892 SRP pada hari Jumat, 0,766 SRP pada hari Sabtu, dan 0,898 SRP pada hari Minggu. Sedangkan, pada Matahari Department Store yang memiliki petugas pengatur parkir adalah 0,911 SRP pada hari Jumat, 0,851 SRP pada hari Sabtu, dan 0,953 SRP pada hari Minggu.

References

Annam, C. K. (2011). Analisis Kapasitas Ruang Parkir Sepeda Motor Off Street Rumah Sakit Telogorejo Semarang (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).
Darat, D. J. P. (1996). Pedoman teknis penyelenggaraan fasilitas parkir. Departemen Perhubungan, Jakarta.
Messah, Y. A., Kanny, R. A. L., & Rizal, A. H. (2012). Analisis Kebutuhan Lahan Parkir Di Rumah Sakit Umum Daerah. Jurnal Teknik Sipil, 1(4), 87-100.
Novier, A., Simanjuntak, G., Wicaksono, Y. I., & Indriastuti, A. K. (2015). Analisis Kebutuhan Ruang Parkir Paragon Mall Semarang. Jurnal Karya Teknik Sipil, 4(4), 141-154.
Pambudi, H. T. (2018). Evaluasi Kapasitas Parkir UNILA Berdasarkan Kebutuhan Satuan Ruang Parkir (SRP).
Purnomo, E. A., Purnamasari, A., Purwanto, D., & Supriyono, S. (2014). Analisis kebutuhan ruang parkir untuk fakultas teknik universitas diponegoro kampus tembalang. JURNAL KARYA TEKNIK SIPIL, 3(4), 796-804.
Rachman, F. (2011). Analisis Kapasitas Ruang Parkir Sepeda Motor Kawasan Fip, Fis, Fe, Dan Fh Universitas Negeri Semarang (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).
Kurniawan, S., & Surandono, A. (2017). ANALISIS KEBUTUHAN DAN PENATAAN RUANG PARKIR KENDARAAN (Studi Kasus Pada Lahan Parkir Kampus II Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Metro). TAPAK (Teknologi Aplikasi Konstruksi): Jurnal Program Studi Teknik Sipil, 6(2).
Published
2020-12-25