ANALISIS POLA KEDATANGAN PENUMPANG TERHADAP KEBERANGKATANNYA DI HALTE UTAMA BUS RAPID TRANS (BRT) SIMPANG LIMA

  • Berlito Adi Winandanto Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang, Semarang, Jawa Tengah

Abstract

Kota Semarang merupakan salah satu kota besar yang ada di Indonesia dengan perkembangan perekonomian yang tinggi menjadikan tingginya mobilitas yang terjadi di Kota Semarang. Adanya mobilitas penduduk yang tinggi mengakibatkan kebutuhan akan sarana transportasi darat semakin tinggi. Terutama moda transportasi yang ada di dalam kota dengan aman, cepat, dan murah. BRT merupakan salah satu moda transportasi darat yang aman, cepat, murah dan nyaman. Oleh sebab itu tingkat pelayanan adalah faktor yang penting untuk diperhatikan. Terdapat banyak sekali halte BRT yang ada di Kota Semarang, salah satunya adalah halte Simpang Lima. Studi ini menganalisis pola kedatangan penumpang di Halte Simpang Lima Kota Semarang. Tujuan dari studi ini adalah untuk menganalisis pola kedatangan penumpang di Halte Simpang Lima guna mengoptimalkan tingkat pelayanan.  Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode survei secara langsung di Halte Simpang Lima dengan menghitung penumpang yang datang memasuki halte selama 5 jam pada jam puncak selama 3 hari. Dari analisis tersebut kemudian didapat pola kedatangan penumpang Bus BRT di Halte Simpang Lima Kota Semarang selama 5 jam dalam waktu 3 hari dengan pola kedatangan yang beragam terjadi peningkatan penumpang pada hari libur. Hasil yang didapatkan dalam studi ini berguna untuk mengoptimalkan pelayanan.

References

Alfa Narendra. 2018. Pemodelan Perpindahan Moda Dalam Trayek Trans Jogja. Laporan Disertasi. Program Studi Doktor Teknk Sipil, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.
Septiawati, F. 2017. Analisis Pelayanan Transjabodetabek Rute Poris PlawadBundaran Senayan Sebagai Moda Transportasi Angkutan Massal Penduduk Pinggiran Ke Pusat Kota. Jurnal Pembangunan Wilayah Dan Kota. Vol 13 (2), 203-216.
Sufiani, A. 2010. Analisis Kinerja Pelayanan Terminal Busway. Skripsi. Program Studi Teknik Sipil. Universitas Indonesia. Jakarta.
Ahmad, Z., E., dan Devianto, D. 2012. Identidikasi Model Antrian Pada Antrian Bus Kampus Universitas Andalas Padang. Jurnal Matematika UNAND. Vol 1 (2), 44-51.
Safril, M., B., Lumiu, M., M., dan Chriestie, E., J., C. 2018. Model Sistem Antrian dengan Menggunakan Pola Kedatangan dan Pola Pelayanan Pemohon SIM di Satuan Penyelenggaraan Adminstrasi SIM Resort Kepolisian Manado. Jurnal Matematika dan Aplikasi Decartesian. Vol 7 (1), 15-21.
Alfiani, A., R., Sugito, dan Sudarno. 2013. Analisis Model Waktu Antar Kedatangan dan Waktu Pelayanan Pada Bagian Pembayaran Kasir Instalasi Rawat Inap RSUP Dr Kariadi Semarang. Prosiding Seminar Nasional Statistika. Universitas Diponegoro. Semarang.
Published
2020-12-25