ANALISIS DWELLING TIME BUS RAPID TRANS (BRT) TRANS SEMARANG DI HALTE UTAMA SIMPANG LIMA

  • Rilo Haekal Akhmad Yulizar Teknik Sipil S1, Teknik, Universitas Negeri Semarang

Abstract

Semarang merupakan kota yang dapat dikategorikan sebagai metropolitan. Hal ini menyebabkan beberapa permasalahan. Kemacetan menjadi masalah yang sering dijumpai di berbagai kota metropolitan di Indonesia. Hal yang sama terjadi pula di Kota Semarang. Dengan keterbatasan lahan untuk dijadikan jalan serta jumlah kendaraan pribadi yang terus bertambah di setiap tahunnya mengakibatkan tingkat kemacetan yang akan bertambah, dengan ruas-ruas jalan utama di Kota Semarang pada jam tertentu. Transportasi umum menjadi pilihan untuk mengurangi kemacetan yang selalu meningkat di tiap tahunnya. Salah satu transportasi umum yang menjadi primadona di Kota Semarang adalah BRT Trans Semarang. Oleh sebab itu kenyaman adalah faktor yang penting untuk diperhatikan. Studi ini menganalisis waktu tunggu Bus BRT Trans Semarang di Halte Simpang Lima Kota Semarang. Tujuan dari studi ini adalah untuk menganalisa waktu tunggu Bus BRT Trans Semarang terhadap kenyamanan penumpang di Halte BRT. Proses pengumpulan data dilakukan dengan metode perekaman selama jam puncak Halte BRT Trans Semarang. Materi hasil perekaman keduian di transkrip dan dianalisis. Dari analisis tersebut kemudian didapat jumlah pengguna Bus BRT Trans Semarang di Halte Simpang Lima Kota Semarang selama 4 jam sebanyak 150 orang dengan waktu tunggu yang beragam. Hasil analisis tersebut berguna sebagai bahan pengkajian bagi pengelola untuk meningkatkan kualitas kenyamanan.

References

Ang, A.H-S. & Tang, W.H., 2007, Probability Concepts in Engineering: Emphasis on Applications to Civil and Environmental Engineering 2nd ed., John Wiley & Sons Inc., Hoboken, Nj
Bekker, R. Koole, GM. Nielsen, B.F. and Nielsen, T.B. 2011. Queues With Waiting Time Dependent Service. Queuing System. Vol. 68. pp 61-78.
Ceder, A. 2007, Public Transit Planning and Operation Theory, modelling and practice. Civil and Environmental Faculty, Transportation Research Institute, Technion – Israel Institute of Technology, Haifa
Jaiswal, Sumeet & Bunker, Jonathan M. and Ferreira, Luis (2009) Modelling the relationships between passenger demand and bus delays at busway stations. In: TRB 88th Annual Meeting, 11-15 January 2009, Washington D.C. US.
Levinson, H. S., Zimmerman, S., Clinger, J., & Rutherford, C. S. 2002, Bus Rapid Transit, vol.1: Case Studies in Bus Rapid Transit. TRCP Report 90. Washington, D.C.: Transportation Research Board
Mishalani, R. G. & McCord, M.M. 2006, Passenger Wait Time Perceptions at Bus Stop: Empirical Result and Impact on Evaluating Real-Time Bus Arrival Information. Journal of Public Transportation, vol. 9, no.2
Nasrulloh, M. 2010, Sistem Bus Rapid Transit di Jakarta: Integrasi Perkotaan dan Dampak Lingkungan. Universitas Indonesia, Jakarta
Ohmori, N., Hirano, T., Harata, N., & Ohta, K. 2001, Passenger’s Waiting Behavior at Bus Stop. The University of Tokyo, Tokyo
Published
2020-12-25