PELAYANAN KEGIATAN VAKSINASI COVID-19 DI PUSKESMAS BAJA KECAMATAN CIBODAS KOTA TANGERANG

Authors

  • Putri Seftyani Universitas Islam Syekh-Yusuf Tangerang

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisa mengenai kualitas pelayanan kegiatan vaksinasi selama pandemi covid-19 di Puskesmas Baja Kecamatan Cibodas Kota Tangerang dan mengetahui jumlah presentase masyarakat yang sudah dan belum divaksin beserta hambatan petugas selama menjalankan kegiatan vaksinasi covid-19. Informan dalam penelitian ini adalah masyarakat yang berada diwilayah Puskesmas Baja yang mengikuti kegiatan vaksinasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori kualitas pelayanan menurut zeithmal,parasuraman & berry ada lima indikator yaitu, tangible (berwujud), reliability (kehandalan), responsivess (ketanggapan), assurance (jaminan), emphaty (empati) dengan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil menunjukan bahwa pelayanan kegiatan vaksinasi selama pandemi covid-19 di Puskesmas Baja Kecamatan Cibodas Kota Tangerang berdasarkan 5 dimensi teori secara keseluruhan sudah tergolong cukup baik, akan tetapi perlu ada peningkatan pada beberapa aspek dalam segi terutama dimensi tangible, dimensi responsivess dan dimensi emphaty. Presentase jumlah masyarakat yang sudah divaksin dalam kurun waktu pada bulan januari 2021 hingga mei 2022 belum mencapai target yang sudah ditentukan. Dalam kegiatan vaksinasi ada dua hambatan yang menjadi kendala petugas selama kegiatan vaksinasi berlangsung dan petugas tim vaksinasi covid-19 sudah menyikapi permasalahan hambatan tersebut dengan cukup baik sehingga kegiatan vaksinasi bisa terlaksana hingga saat ini dengan optimal.

Downloads

Published

2023-03-23

Issue

Section

Articles