Publication Ethics

UNISTEK adalah publikasi ilmiah berkala yang ditujukan untuk para peneliti yang ingin mempublikasikan hasil penelitian mereka dalam bentuk studi literatur, penelitian teknologi, dan pengembangan yang berkaitan dengan aplikasi di bidang teknik. Bidang teknik dimaksudkan untuk mencakup Teknik Industri, Teknik Kimia, Teknik Informatika, dan Teknik Sipil. Dalam setahun UNISTEK menerbitkan dua kali. UNISTEK diterbitkan oleh Fakultas Teknik, Universitas Islam Syekh Yusuf. Jurnal ini menggunakan dua bahasa, yaitu Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia p-ISSN: 0126-4036 

Pedoman Etika untuk Publikasi Jurnal

Keputusan Publikasi

Tim Penyunting UNISTEK jawab dalam memilih dan memutuskan artikel yang diterbitkan. Tim penyunting dibantu oleh mitra bestari dalam membuat keputusannya, sehingga artikel yang terpublikasi diharapkan memenuhi standar dalam publikasi ilmiah.

Aspek Keadilan

Dalam proses penyutingan artikel yang dikirim oleh para penulis, tim penyunting tidak menggunakan ras, gender, agama, etnis, kewargaan, pandangan politik dalam pengambilan keputusannya.

Kerahasiaan

Tim penyunting hanya mengungkapkan informasi kepada calon periviu, periviu, anggota tim penyunting, serta penulis.

Pengungkapan dan Konflik Kepentingan

Keseluruhan dokumen yang berkaitan dengan naskah publikasi suatu artikel tidak boleh dijadikan penelitian datau babhan penulisan oleh tim penyunting UNISTEK tanpa persetujuan dari penulis.

 

Tugas Pereview

Kontribusi untuk Keputusan Editorial

Mitra bestari bertugas membantu Tim Penyunting dalam menetapkan keputusan, serta membantu penulis dalam meningkatkan kualitas artikel.

Kecepatan

Setiap periviu terpilih yang ditugaskan untuk menelaah artikel tetapi diperkirakan tidak cukup waktu dalam menyelesaikan tugasnya harus melaporkan dengan segera kepada tim penyunting dan menyatakan pengunduran diri dalam proses penelaahan.

Kerahasiaan

Dalam proses penelahaan (reviuw), semua naskah diperlakukan sebagai dokumen rahasia yang tidak boleh disebarkan oleh periviu.

Standar Objektivitas

Periviu menilai naskah secara objektif sesuai dengan kaidah ilmiah, serta memberikan pertimbangan dengan dukungan argumentasi yang jelas.

Pengakuan Sumber

Periviu diharuskan mengidentifitas publikasi baik isi maupun sistematika penulisan. Periviu juga perlu menelaah apakah naskah atau artikel yang ditelaahnya memuat kesamaan substansi dengan artikel lain yang telah publikasi.

Pengungkapan dan Benturan Kepentingan

Hasil penelaahan oleh periviu, informasinya harus dijaga dan tidak digunakan untuk kepentingan pribadi. Periviu memiliki keberanian dalam menolak suatu naskah yang memiliki konflik kepentingan dengan suatu lembaga.

 

Tugas Penulis

Standar Pelaporan

Penulisan artikel dalam UNISTEK merupakan karya ilmiah hasil penelitian dan atau telaah teoritis. Artikel dari hasil penelitian perlu didasarkan atas metodologi yang akurat, menggunakan data yang dapat diperatnggungjawabkan, serta memuat diskusi objektif dari hasil penelitiannya. Untuk artikel telaah teori, penulis perlu menggunakan berbagai dasar sumber teori yang jelas dalam kajiannya.

Akses Data dan Retensi

Penulis artikel hasil penelitian diharuskan melampirkan data dan atau instrument yang digunaka dalam penelitiannya.

Orisinalitas dan Plagiarisme

Penulis harsu mengirimkan naskah/artikel yang sepenuhnya merupakan karya sendiri yang original serta menggunakan kaidah yang telah ditetapkan dalam UNISTEK dalam penulisannya.

Publikasi Ganda, Redundan dan Serentak

Penulis tidak boleh mengirimkan naskah yang isinya dan atau esensinya telah diterbitkan dalam jurnal yang lain.

 

Pengakuan Sumber

Semua sumber yang digunakan dalam penulisan artikel harus dituliskan dalam refrensi sebagai pengakuan atas karya orang lain.

Daftar Penulis Manuskrip
Seluruh penulis yang tercantum dalam artikel terkirim merupakan semua orang yang terlibat dalam penelitian dan/atau penyusunan artikel
Bahaya dan Subjek Manusia atau Hewan
Jika isi dari artikel merupakan hasil penelitian yang melibatkan manusia atau hewan dengan penggunaan bahan-bahan kimia, maka peneulis perlu memberikan penjelasan bahwa bahan-bahan yang digunakan tidak membahayakan.

Pengungkapan dan Konflik Kepentingan

Sumber keuangan yang digunakan sehingga artikel tersebut tersusun perlu diungkapkan dalam naskah.

Kesalahan Mendasar dalam Karya yang Diterbitkan

Apabila penulis menemukan kesalahan yang berarti dari karya ilmiah yang dipublikasikanya, maka penulis berkewajiban menginfomasikannya kepada tim penyunting untuk diperaiki.