Analisis Antrian Pada Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) 34-151-28 Jatiuwung Tangerang

Authors

DOI:

https://doi.org/10.33592/unistek.v5i2.316

Abstract

Masalah antrian berhubungan dengan efesiensi dimana terjadinya antrian akan
mengurangi kenyamanan pelayanan kepada pelanggan. Hal ini juga salah satunya yang
terjadi di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum(SPBU) 34-151-28 Jatiuwung, antrian ini
terjadi karena banyaknya fasilitas yang tidak sebanding dengan laju kedatangan pelanggan,
sehingga kinerja pelayanan antrian belum optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
menganalisis kinerja pelayan sistem antrian (SPBU) 34-151-28 Jatiuwung. Untuk
membuktikan dugaan ini diadakan penelitian langsung ke lapangan dengan landasan teori
yang dianggap relevan, yaitu teori antrian atau line theory. Penelitian ini dilakukan di
Jatiuwung selama enam hari. Pengumpulan data pada studi kuantitatif ini menggunakan data
primer yaitu observasi serta wawancara dan juga data sekunder yang diperoleh dari
perusahaan dan juga diperoleh dari berbagai pustaka dan literature lainnya yang memiliki
relevansi dengan sasaran penelitian seperti buku-buku teks mengenai sistem antrian. Analisis
dari penelitian ini membuktikan bahwa kegiatan pelayanan antrian pada (SPBU) 34-151-28
Jatiuwung Tangerang sudah optimal karena lama pelanggan mengantri masih berada di
bawah standar pelayanan yang ditetapkan SPBU 34-151-28 Jatiuwung Tangerang. Alat
analisis dari penelitian ini adalah model antrian M/M/S (Multiple Channel Query System atau
model antrian jalur berganda).Model yang diterapkan di SPBU 34-151-28 Jatiuwung
Tangerang dengan 4 buah stasiun pengisian, dan berdasarkan perhitungannya SPBU 34-151-
28 Jatiuwung Tangerang sudah optimal karena waktu terpanjang selama 480 detik yang
dibutuhkan oleh seorang pelanggan dalam antrian tidak melebihi dari batas standar yaitu
31.5 detik. SPBU Jatiuwung Tangerang sudah cukup meningkatkan kinerja pelayanannya.
Kata kunci: antrian, pelayanan, pelanggan

References

Elwood S. Buff & Rakesh K. Sarin (1999).

Manajemen Operasi dan Produksi

Modern. Binarupa Aksara : Jakarta

Heizer, Jay & Rander, Barry (2004),

Manajemen Operasi (edisi ketujuh),

Salemba Empat : Jakarta

Kotler, Philip & Kevin Lane Keller (2009),

Manajemen Pemasaran (edisi ke-12).

Indeks: Jakarta

Siken.H, Eddy Soegiarto K, Adi Suroso. Antrian

pada Stasiun Pengisian Bahan Bakar

Umum (SPBU) 64-755-01 Blintut Barong

Tongkok Kutai Barat Manajemen,

Fakultas Ekonomi, Universitas 17

Agustus 1945 Samarinda 75234,

Indonesia.

Soegito, Eddy Soeryatno (2007), Marketing

Research : Panduan bagi Manajer

Pemimpin Perusahaan Organisasi, Elex

Media Komputindo: Jakarta

Published

2018-08-22