Rancangan Sistem E-Learning Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang

  • Vina Septiana Windyasari Fakultas Teknik Uniersitas Islam Syekh Yusuf Tangerang
  • Waqidatul Qoiriyah Fakultas Teknik Universitas islam Syekh Yusuf

Abstract

Pemanfaatan teknologi multimedia pada bidang pendidikan saat ini sangat penting digunakan sebagai metode pengajaran modern yang interaktif dan komunikatif  karena dapat belajar dimana saja dan kapan saja. Penelitian ini bertujuan membantu sistem  pengajaran yang lebih mudah dan khususnya dapat memotivasi mahasiswa di Fakultas Teknik Universitas Islam Syekh-Yusuf Tangerang, karena dapat dilakukan dimana saja, kapan saja dan juga dapat menggunakan seperti penggunaan media audio, audiovisual, maupun software komputer yang mampu meningkatkan mutu pembelajaran di dunia pendidikan baik secara kuantitas maupun kualitas. Aplikasi E-learning ini menggunakan Adobe Flash CS6 berbasis website, dengan metode pengembangan sistem menggunakan waterfall dan untuk mengidentifikasi masalah menggunakan analisa sistem PIECES (Performance, Information, Economy, Control, Efficency, Service). Analisis PIECES menghasilkan kelebihan dan kekurangan sistem lama yang dapat digunakan sebagai referensi pengambilan keputusan perancangan sistem informasi dan menghasilkan sistem pembelajaran yang dapat menjadi alternative pilihan belajar secara online. Rancangan sistem e-learning ini dapat memperkaya sistem e-learning yang sebelumnya, dan sistem ini dapat memberikan pelayanan yang lebih baik, yang secara langsung juga dapat memotivasi mahasiswa untuk tetap dapat melakukan tatap muka pembelajaran walaupun tidak berada di kelas, dan dapat membantu dosen juga mahasiswa pada pertemuan tatap muka yang kurang di kelas dapat dilakukan melalui sistem e-learning

References

Hartomo. (2013). Pedoman Penulisan & Bimbingan Skripsi-STKIP Kusuma Negara Jakarta. Jakarta : Media Pustaka.
K. Siau dan Q. Cao. (2011). Unified Modeling Language,” J. Database Management., vol. 12, no. 1(p. 26–34). Jakarta.
Ragil, Wukil. (2010). Pedoman Sosialisasi Prosedur Operasi Standart. Jakarta : Mitra Wacana Media
Riyana, C. (2010). Konsep Dasar e-Learning. Dokumen presentasi pada perkuliahan e-learning di Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.
Rusman. (2013). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21. Bandung:Alfabeta.
Septiana, Vina. (2016). Pengembangan E-Commerce Franchise Pada RH Baby & Mommy Spa. (pp.192). Prosiding Seminar Nasional Teknologi Informasi, Bisnis dan Design. Palembang, Indonesia: STMIKPalComTech
Sugiono. Dr. Prof.(2012). Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung : Alvabeta.
Turban, E., dkk. (2015). Decision Support systems and Intelligent Systems Edisi 7 Jilid 3, Yogyakarta : Andi.
Aidah, S. (2019). Pemanfaatan e-learning sebagai media pembelajaran di STIA AL GAZALI BARRU (suatu studi terhadap pemanfaatan model e-learning berbasis software claroline). Meraja Journal, 2(1), 1–12.
Dina Maulina, & Bernadhed. (2017). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI E-LEARNING PADA SMK SYUBBANUL WATHON TEGALREJO MAGELANG. DASI (Data Manajemen Dan Teknologi Informasi, 12(1), 8–13.
Kosasi, S. (2015). Perancangan E-learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Guru dan Siswa. Jurnal Informatika, 0362, 27213. https://doi.org/10.1007/s10619-011-7079-6
Syahriani Syam, Mahmudin, Alman Fakhri, Rizky Fuadi, A. N. (2019). 28 Jurnal Keilmuan dan Aplikasi Teknik UNISTEK, 2019, Vol. 6, No.2 PROTOTIPE MODEL PEMBELAJARAN. 6(2), 28–33.
Published
2020-08-25