Penerapan Metode Marker Based Tracking Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Pengenalan Tokoh Pahlawan

Penerapan Metode Marker Based Tracking Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Pengenalan Tokoh Pahlawan

Authors

  • mellita alfiani Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang
  • Djamaludin Djamaludin
  • Mahmudin Mahmudin

Abstract

Sejarah merupakan salah satu materi yang dimuat dalam mata pelajaran pada tingkat SD/MI sederajat yang mengkaji beberapa konsep, fakta, peristiwa dan generalisasi yang berkaitan dengan isu sosial. MI Al-Ishlahuddiniyah merupakan salah satu lembaga pendidikan jenjang paling dasar pada pendidikan formal yang sudah berdiri sejak tahun 1949. Permasalahan yang dihadapi pada MI tersebut adalah kegiatan belajar mengajar terutama belajar sejarah tokoh pahlawan masih menggunakan buku-buku pembelajaran yang ada, yang biasanya pada buku tersebut terdapat tulisan-tulisan serta gambar-gambar dalam bentuk monoton. Hal ini tentu membuat siswa kurang tertarik dalam proses pembelajaran dan banyak yang tidak mengetahui sejarah para tokoh pahlawan. Untuk itu pemanfaatan teknologi yang sedang berkembang salah satunya yaitu teknologi Augmented Reality yang dapat dijadikan solusi sebagai media pembelajaran yang menarik dan mengembangkan minat siswa untuk belajar sejarah tokoh pahlawan. Augmented Reality merupakan teknologi yang mampu menggabungkan antara dunia maya yang dibangun oleh komputer ke dalam sebuah lingkungan dengan wujud tiga dimensi (3D).  Dengan Augmented Reality, pembelajaran sejarah yang awalnya disajikan dalam bentuk tulisan dan gambar maka bisa ditambahkan dengan bentuk informasi 3D yang ditampilkan secara visual dan audio dengan bantuan smartphone android yang menerapkan metode marker based tracking dengan gambar tokoh pahlawan sebagai marker.

Kata Kunci: augmented reality, marker based tracking, media pembelajaran, android

History is one of the materials contained in subjects at the SD/MI level which examines several concepts, facts, events and generalizations related to social issues. MI Al-Ishlahuddiniyah is one of the most basic educational institutions in formal education that has been established since 1949. The problem faced at MI is that teaching and learning activities, especially learning the history of heroes, still use existing learning books, which are usually in textbooks. There are writings and pictures in monotone. This certainly makes students less interested in the learning process and many do not know the history of heroes. For this reason, the use of developing technology, one of which is Augmented Reality technology, can be used as a solution as an interesting learning medium and develop students' interest in learning the history of heroes. Augmented Reality is a technology that is able to combine virtual worlds built by computers into an environment with a three-dimensional (3D) form. With Augmented Reality, historical learning that was initially presented in the form of writing and pictures can then be added in the form of 3D information that is displayed visually and audio with the help of an android smartphone that applies the marker based tracking method with images of heroes as markers.

 

Keywords: augmented reality, marker based tracking, learning media, android

Downloads

Published

2022-07-25

How to Cite

alfiani, mellita, Djamaludin, D., & Mahmudin, M. (2022). Penerapan Metode Marker Based Tracking Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Pengenalan Tokoh Pahlawan: Penerapan Metode Marker Based Tracking Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Pengenalan Tokoh Pahlawan. Jurnal Ilmiah Fakultas Teknik, 2(2), 130–137. Retrieved from https://ejournal.unis.ac.id/index.php/jimtek/article/view/1665

Most read articles by the same author(s)

> >>