Analisis Kapasitas Jalan Maulana Yusuf Ditinjau Dari Segi Lalu Lintas Dan Jumlah Pengguna Jalan

Authors

  • Fathy Anisawitri Universitas Islam Syekh Yusuf
  • Agus Budiono Universitas Islam Syekh Yusuf
  • Abdul Basid Universitas Islam Syekh Yusuf
  • Asri Nurhafsari Universitas Islam Syekh Yusuf

Keywords:

Kapasitas jalan, tingkat pelayanan, kinerja, jumlah pengguna jalan

Abstract

Jalan merupakan perananan penting dalam melakukan kegiatan atau aktifitas sehari-hari dalam berkendara, karena dengan adanya jalan suatu daerah dapat terbantu dari segi perkembangan ekonomi, perkembangan sosial serta dapat menggunakan waktu secara efektif dan efisien. Namun berkembangnya suatu zaman membuat banyak permasalahan pada suatu jalan salah satunya jalan Maulana Yusuf. Jalan Maulana Yusuf yang terletak di kelurahan Babakan kecamatan Tangerang Kota Tangerang, persis didepan kampus Universitas Islam syekh Yusuf Tangerang. Jalan dengan panjang 375 meter ini yang menghubungnkan Jalan Perintis Kemerdekaan menuju Jalan Veteran ini terdiri dari dua jalur dengan sistem satu arah. Jalan kota dengan sistem jaringan sekunder yang menghubungkan antar pusat pelayanan kota dan masuk kategori jalan Kelas III C. Jalan dengan lebar 7,5 meter serta trotoar di masing- masing sisi 1 meter ini memiliki banyak masalah salah satunya kepadatan lalu lintas dari berbagai faktor, diantaranya banyaknya debit kendaraan terutama pada jam sibuk, posisi kampus yang mengahambat keluar masuk kendaraan, pedagang kaki lima, penyebrang jalan,  serta parkir kendaraan. Dari permasalahan diatas penulit melakukan penelitian di jalan Maulana Yusuf. Penelitian ini dilkukan selama 7 (tujuh) hari dengan jam-jam tertentu. Perbandingan volume kendaraan dimulai hari senin sampai minggu sangat terlihat padat pada hari kerja yaitu hari senin sampai hari jumat. Sedangkan hari sabtu dan minggu terlihat volume kendaraan berkurang, apalagi adanya kegiatan Car Free Day. Kecepatan rata – rata kendaraan ringan didapat yaitu 28,81 km/jam. Sedangkan untuk kendaraan sepeda motor didapat 32,39 km/jam

References

C.S.T. Kansil, dkk. Disiplin Berlalu Lintas di Jalan Raya. P.T. Rineka cipta. Jakarta, 1995.

Departemen Pemukiman dan Prasarana Wiayah. Pd-T-14 2003.Perencanaan Perkerasan Jalan Beton Semen. Departemen Pemukiman dan Prasarana Wiayah.

Direktorat Jendral Bina marga. Manuak Kapasitas Jalan Indonesia. 1997.

Prof. Dr. H.R. Riyadi Soeprapto MS. The Capacity Building For Local Government Toward Good Governance . Jakarta: 2010.

Raharjo Adi Sasmita. Sakti Adji Adisasmita. MANAJEMEN TRANSPORTASI DARAT. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2011.

http://id.wikipedia.org/wiki/Transportasi (diakse 23 Maret 2017, jam 14:55)

Undang-Undang Republik Indonesia .No 22 Tahun 2009 . Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

.https://id.wikipedia.org/wiki/Jalan (diakse 23 Maret 2017, jam 15:31)

Undang-undang Republik Indonesia no 38 tahun 2004 tentang jalan

Kep Dirjen Bina Marga. No.76/KPT/Db/1999. Tanggal 2O Desember 1999.

Andrew R. Cecil. et al. Penegakan Hukum Lalu Lintas. Bandung. Nuansa, 2011.

Downloads

Published

2020-03-06

How to Cite

Anisawitri, F., Budiono, A., Basid, A., & Nurhafsari, A. (2020). Analisis Kapasitas Jalan Maulana Yusuf Ditinjau Dari Segi Lalu Lintas Dan Jumlah Pengguna Jalan. Jurnal Ilmiah Fakultas Teknik, 1(1), 11–19. Retrieved from https://ejournal.unis.ac.id/index.php/jimtek/article/view/506