Aplikasi Sistem Alat On/Off Pada Kipas Angin Dengan Arduino Uno dan GSM Modul/SIM900A dengan metode Rapid Apication Development

Authors

  • Akbar Rusdi Universitas Islam Syekh Yusuf
  • Sri Yanti Universitas Islam Syekh Yusuf
  • Djamaludin Djamaludin Universitas Islam Syekh Yusuf

Keywords:

Kontrol, peralatan listrik, GPRS, SMS.

Abstract

Diera sekarang, teknologi terus berkembang untuk memudahkan kerja manusia, memecahkan masalah dengan lebih cepat dan akurat, teknologinya juga bisa dijadikan setting dan kontrol, baik dengan menggunakan kabel, wireless ke remote control. Setting atau kontrol akan lebih baik jika dilakukan dengan cepat, akurat dan bisa dikontrol jarak jauh, terutama peralatan yang ada di rumah saat ditinggalkan oleh pemiliknya. Untuk menyederhanakan kontrol kontrol simulasi desain yang dibuat yang dapat mengendalikan peralatan listrik rumah tangga. Dalam memanfaatkan media komunikasi kini mampu menjangkau hampir seluruh wilayah Indonesia, dengan memanfaatkan GPRS (General Packet Radio Service) yang disediakan oleh operator jaringan bergerak, maka dibuatlah perancangan yang bisa mengendalikan peralatan listrik jarak jauh dengan menggunakan SMS (Short Message Service) Untuk memudahkan pekerjaan, hindari kontak langsung berbahaya jika diaplikasikan pada peralatan yang berbahaya, hemat sumber daya manusia, waktu, biaya dan energi.

References

Mohammad Ridwan, D. . (2018). Penerapan Rad Sebagai Dasar Pemgembangan Aplikasi Sistem Informasi Kuliah Kerja Kemasyarakatan Di Universitas Islam Syekh-Yusuf. Http://Ejournal.Unis.Ac.Id. Retrieved from http://ejournal.unis.ac.id/index.php/pelita/article/view/48

Andri Agus S, Zulkifli, R. G. (2015). Kendali peralatan listrik dengan sms menggunakan arduino dan gprs shield, 6(1), 33–37.

Andrianto, A. S. (2015). APLIKASI PENGONTROL JARAK JAUH PADA LAMPU RUMAH BERBASIS ANDROID Fakultas Teknik – Universitas Muria Kudus 413. Prosiding SNATIF, 2(1), 413–420.

Eko, Jazi., & Efendy, Y. (2004). Rancangan Dan Implementasi Prototipe Sistem Kendali Jarak Jauh Berbasis AT89C52 Dan Layanan SMS GSM ( The Design And Construction of a Remote Control System Prototype Based On The AT89C52 Microcontroller And The GSM Short-Message Service ). System, 5(2), 76–86.

Iswanto, Agus Jamal, F. S. (2011). Implementasi Telepon Seluler sebagai Kendali Lampu Jarak Jauh. Jurnal Ilmiah Semesta Teknika, 14(1), 81–85.

Iyuditya, & Dayanti, E. (2013). Sistem pengendali lampu ruangan secara otomatis menggunakan pc berbasis mikrokontroler arduino uno. Jurnal Online ICT STMIK IKMI, 10(10), 1–7.

Nurhari, Akhmad, U. N. (n.d.). PENGENDALIAN PINTU DAN LAMPU RUMAH MELALUI SMS BERBASIS ATMEGA328P, (13507134023).

Prijono, Agus, H. (2011). SISTEM PENGENDALI ON-OFF JARAK JAUH

Downloads

Published

2020-03-06

How to Cite

Rusdi, A., Yanti, S., & Djamaludin, D. (2020). Aplikasi Sistem Alat On/Off Pada Kipas Angin Dengan Arduino Uno dan GSM Modul/SIM900A dengan metode Rapid Apication Development. Jurnal Ilmiah Fakultas Teknik, 1(1), 20–23. Retrieved from https://ejournal.unis.ac.id/index.php/jimtek/article/view/508

Most read articles by the same author(s)

> >>