Aplikasi Pengenalan Cagar Budaya Tangerang Berbasis Android Di Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kota Tangerang

  • Nia Metafani Universitas ISlam Syekh Yusuf
  • Djamaludin Djamaludin Universitas Islam Syekh Yusuf
Keywords: cagar budaya, android, android studio, java.

Abstract

Cagar Budaya adalah warisan budaya bersifat kebendaan berupa benda Cagar Budaya, Bangunan Cagar Budaya, Struktur Cagar Budaya, Situs Cagar Budaya, dan Kawasan Cagar Budaya di darat dan/atau di air yang perlu dilestarikan keberadaanya karena memiliki nilai penting bagi sejarah, ilmu pengetahuan, pendidikan, agama, dan/atau kebudayaan melalui proses penetapan. Pengenalan cagar budaya dirasa sangat penting, hal ini untuk menanamkan pengetahuan masyarakat mengenai informasi cagar budaya yang ada di tempat tinggal meraka.  Namun, keberadaan cagar budaya saat ini jarang diketahui oleh masyarakat dikarenakan minimnya informasi mengenai cagar budaya itu sendiri. Dari penerapan pengenalan cagar budaya yang dilakukan oleh Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kota Tangerang, masih menggunakan media yang dirasa kurang efektif untuk di pahami oleh masyarakat. Oleh karena itu penulis berinisiatif untuk merancang dan membuat aplikasi sebagai sarana yang memudahkan masyarakat untuk mengetahui informasi seputar cagar budaya di Tangerang dengan pembelajaran yang lebih praktis dan menarik untuk di pahami. Pembuatan aplikasi cagar budaya Tangerang ini berbasis android, menggunakan android studio dan bahasa pemrograman java.

References

[1] A. Juansyah, “PEMBANGUNAN APLIKASI CHILD TRACKER BERBASIS ASSISTED – GLOBAL POSITIONING SYSTEM ( A-GPS ) DENGAN PLATFORM ANDROID Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika ( KOMPUTA ),” J. Ilm. Komput. dan Inform., vol. 1, no. 1, pp. 1–8, 2015.
[2] 2013 haidibarasa, “Pengertian Android SDK (Software Development Kit) – Haidi Barasa.”[Online].Available: https://haidibarasa.wordpress.com/2013/07/06/pengertian-android-sdk-software-development-kit/. [Accessed: 15-May-2018].
[3] R. Pressman, “Software Engineering Seventh Edition,” pp. 9–38, 2015.
[4] B. A. B. Ii and K. Pustaka, “No Title,” Flowchart, pp. 6–15, 2014.
[5] M. shalahuddi. Rosa dan, “Pengertian UML,” 2014.
[6] U. S. Utara, “Bab 2 tinjauan pustaka 2.1,” Inf. Retr. Boston., pp. 9–58, 2008.
[7] Andreas Adi Kurniawan, “Bab 2 Tinjauan Pustaka Dan Landasan Teori,” no. 2015, pp. 3–20, 2010.
[8] Tania Destiana Berlianty, “APLIKASI PEMBELAJARAN ‘MARI MENGENAL WAKTU’ SEBAGAI ALTERNATIF PEMBELAJARAN UNTUK ANAK KELAS SATU SEKOLAH DASAR,” Apl. PEMBELAJARAN “MARI Mengen. WAKTU” SEBAGAI Altern. PEMBELAJARAN UNTUK ANAK KELAS SATU Sekol. DASAR, pp. 1–24, 2015.
[9] Wikipedia, “Pengertian Cagar Budaya,”2019
[10] Djamaludin, “Prototipe Sistem Informasi Pencarian Lokasi Pusat Kesehatan Masyarakat Berbasis SIG di Kota Tangerang. D Wendi Usino
Jurnal Teknik Informatika 3 (Vol.3 / No. 2 / Hal.1-56 / OKTOBER 2014), 1.
Published
2020-03-06
How to Cite
Metafani, N., & Djamaludin, D. (2020). Aplikasi Pengenalan Cagar Budaya Tangerang Berbasis Android Di Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kota Tangerang. Jurnal Ilmiah Fakultas Teknik, 1(1), 66-73. Retrieved from http://ejournal.unis.ac.id/index.php/jimtek/article/view/515