Implementasi Metode Weighted Product Untuk Pemilihan Pemberdayaan Industri Kecil Menengah Pada Dinas Perindustrian Perdagangan Kabupaten Pandeglang

  • Aghy Gilar Pratama Universitas Mathla`ul Anwar
  • Andrianto Heri Wibowo Universitas Mathla`ul Anwar
  • Ardiansyah Ardiansyah Universitas Mathla`ul Anwar
  • Robby Rizky Universitas Mathla`ul Anwar
Keywords: Industri kecil menengah, Weighted Product, sistem pendukung keputusan, pemberdayaan.

Abstract

Industi kecil menengah adalah industri yang harus terus diarahkan agar dapat bekembang menjadi industri yang besar, jumlah industri kecil pada saat ini berkembang dengan sangat cepat yang didukung oleh sumberdaya alam dan sumberaya manusia yang memadai, akan tetapi untuk pengoptimalan keberadaan industri kecil menengah oleh Dinas Perindustrian Perdagangan Kabupaten Pandeglang masih belum merata dan cendurng sangat lambat, sehingga banyak industri kecil menengah yang tidak bisa berkembang karena tidak ada pemberdayaan dari Dinas terkait. Industri kecil menengah ini memiliki peran sebagai pemacu dalam pertumbuhan ekonomi daerah, dimana industri dapat memanfaatkan sumber daya alam dan manusia agar dapat merubah perekonomian daerah, sesuai dengan Peraturan Mentri Perindustrian RI Nomor 64 Tahun 2016, bahwa industri kecil menengah merupakan industri yang memenuhi ketentuan karyawan paling banyak 19 orang tenaga kerja dan memeiliki investai paling sedikit satu milyar rupiah. Penelitian ini bertujuan untuk memudahkan Dinas Perindustrian Perdagangan Kabupaten Pandeglang pada Proses pemberdayaan industry, dengan menggunakan metode Weighted Product (WP). Metode Weighted Product (WP) merupakan teknik pengamabilan keputusan dari beberap pilihan alternatif yang ada, metode ini dapat membantu menyelesaikan dalam menentukan keputusan secara efektif, dengan memecahan masalah, multikriteria yang hasilnya dapat diambil berdasarkan nilai teringgi. Proses penentuan nilai/rangking metode Weighted Product, dimulai dengan pembobotan kriteria kemudian perhitungan nilai total dan selanjutnya perhitungan penentuan rangking, sehingga sistem pendukung keputusan mampu menampilkan rangking dari pemilihan pemberdayaan peserta industri kecil menengah. Adapuan kriteria yang digunakan adalah Tenaga Kerja, Nilai Investasi, Jumlah Kapasitas dan Nilai Produksi, dengan adanya penerapan metode Weighted Product (WP) pada sistem Pendukung keputusan mampu menampilkan rangking dari pemilihan pemberdayaan peserta industri kecil menengah sebagai bahan pertimbangan.

Author Biographies

Aghy Gilar Pratama, Universitas Mathla`ul Anwar
Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Teknologi dan Informatika
Andrianto Heri Wibowo, Universitas Mathla`ul Anwar
Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Teknologi dan Informatika
Ardiansyah Ardiansyah, Universitas Mathla`ul Anwar
Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Teknologi dan Informatika
Robby Rizky, Universitas Mathla`ul Anwar
Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Teknologi dan Informatika

References

[1] P. R. Dewi, “Tantangan Dan Peluang Pengembangan Industri Alas Kaki : Implikasi Flux Footwear,” vol. 2, 2017.
[2] E. Ridhawati, “Penggunaan Analitical Hierarchy Process (Ahp) Dalam Menentukan Prioritas Pengembangan Industri Kecil Dan Menengah Di Kecamatan Bandar Negeri Suoh Kabupaten Lampung Barat,” J. TAM ( Technol. Accept. Model ), vol. 6, no. 1, pp. 51–59, 2016.[3] J. Prihatini, “Pemberdayaan Industri Kecil Anyaman Bambu Dalam Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Di Desa Karayunan Kecamatan Cigasong Kabupaten Majalengka Provinsi Jawa Barat,” J. Ilmu Pemerintah. Widya Praja, vol. 42, no. 1, p. 11, 2016, doi: 10.33701/jipwp.v42i1.138.
[4] J. Warmansyah, Metode Penelitian dan Pengolahan Data Untuk Pengambilan Keputusan pada perusahaan. Sleman, yogyakarta, 2020.
[5] Sukisno, S. (2020). Perancangan Sistem Informasi Perhitungan Caddie Fee Pada Imperial Klub Golf Karawaci Kabupaten Tangerang. Jurnal Teknik Informatika Unis, 7(2), 153–158. https://doi.org/10.33592/jutis.v7i2.397
[6] N. Pakaya, “Pemuda Nusantara Dengan Menggunakan Metode,” vol. 9, pp. 331–337, 2017.
[7] N. Fartindyyah and Subiyanto, “Sistem pendukung keputusan peminatan sma menggunakan metode,” J. Pendidik., vol. 44, no. november 2014, pp. 139–145, 2013.
[8] Basri, “Metode Weightd Product (Wp) Dalam Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Beasiswa Prestasi,” J. INSYPRO (Information Syst. Process., vol. 2, no. 1, pp. 1–6, 2017, doi: https://doi.org/10.24252/insypro.v2i1.2474.g2610.
[9] K. Eliyen and F. S. Efendi, “Implementasi Metode Weighted Product Untuk Penentuan Mustahiq Zakat,” InfoTekJar (Jurnal Nas. Inform. dan Teknol. Jaringan), vol. 4, no. 1, pp. 146–150, 2019, doi: 10.30743/infotekjar.v4i1.1476.
[10] Hidayat, T., & Komariah, S. (2020). Pemilihan Siswa-Siswi Berprestasi Menggunakan Metode Weighted Product (WP) Studi Kasus SMP-Al Fitroh Tangerang. Jurnal Teknik Informatika Unis, 7(2), 159–163. https://doi.org/10.33592/jutis.v7i2.398
Published
2021-01-29