Smart Desain Sistem Pembelajaran pada Kursus Bahasa Inggris Intensif

Authors

  • Riyan Leandros
  • Lena Lena Universitas Bina Nusantara
  • Dina Fitria Murad Universitas Bina Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.33592/jutis.v9i1.1286

Keywords:

modul pembelajaran, modul informasi, berbasis web

Abstract

Modul pembelajaran di Kursus Bahasa Inggris Intensif (IEC) masih dilakukan secara konvensional, di mana semua siswa masih menulis dan melakukan segala kegiatannya dengan tulisan tangan. Hal ini terkadang muncul keterbatasan waktu dan tempat yang disediakan. Berkenaan dengan hal di atas, penulis termotivasi untuk membantu hambatan dengan komputerisasi sistem pembelajaran, dengan berharap bahwa akan ada fleksibilitas waktu dan tempat yang memungkinkan bagi semua siswa. Dengan metode yang diterapkan dan digunakan untuk merancang sistem belajar-mengajar berbasis web, yaitu: mengumpulkan data, analisis terstruktur, eksperimen menggunakan waterfall model, desain sistem, implementasi dan dokumentasi, penulis akan menjelaskan sistem pembelajaran pada teori dan tugas (modul) dan kemudian menentukan file database dengan atribut yang dibutuhkan dalam sistem. Penulis kemudian membuat program penyusunan modul informasi dengan menggunakan bahasa Personal Home Page (PHP) sebagai fasilitas pendukung pada sistem pembelajaran di kelas Learning Center (LC) IEC. Keluaran yang dihasilkan akan membantu para siswa yang dituntut dengan cara belajar siswa aktif untuk tetap belajar mandiri namun bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja tanpa terbatas waktu yang biasanya ditentukan di ruangan learning center dan bisa menjadi nilai untuk persayaratan ujian kenaikan tingkat

References

[1] Bhasin, H., Khanna, E. & S. (2014). Black Box Testing Based on Requirement Analysis and Design Specifications. IJCA, 87(18), 36–40.
[2] Binus. (2019). E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh.
Cantika, P. & Hermanto, B. (2018). Rancang Bangun Aplikasi E-Learning Untuk Pembelajaran Agama Islam Berbasis Android. Komputasi, Vol. 6(1), 25–32.
[3] El-Soud, M., Taj-Eddin, I., Seddiek, N., El-Khouly, M. & Nosseir, A. (2014). E-Learning and Students’ Motivation: A Research Study on the Effect of E-Learning on Higher Education. IJet, 20–26.
[4] Fridayanthie, E., Azis, M. & Kusumaningrum, A. (2018). Rancang Bangun Sistem Informasi E-Learning Berbasis Web pada SMK Daarut Taufiq Tangerang. Swabumi, 6(2), 123–127.
[5] Ghazali, K. (n.d.). Sistem E-Learning untuk Mendukung Proses Belajar Mengajar (Studi Kasus pada Universitas Indo Global Mandiri Palembang). Scientific Journal of Informatics, 1(2), 138–152.
[6] Hartatik, Chayaningsih, I. J., Purnomo, A., Hartono, R. & Bawono, S. (2017). Pengembangan Aplikasi E-Learning Sekolah Menengah Atas. Simetris, 8(2), 619–628.
[7] Lestari, S. (2018). Peran Teknologi Dalam Pendidikan di Era Globalisasi. Edureligia, 2(2), 94–100.
[8] Murad, D. F., Hassan, R., Wahi, W., & Wijanarko, B. D. (2020). A User-Item Collaborative Filtering System to Predict Online Learning Outcome. Advances in Science, Technology and Engineering Systems, 5(5), 117–121. https://doi.org/10.25046/aj050516
[9] Murad, D. F., Heryadi, Y., Isa, S. M., & Budiharto, W. (2020). Personalization of Study Material based on Predicted Final Grades using Multi-criteria User-collaborative Filtering Recommender System. Education and Information Technologies, May(III). https://doi.org/10.1007/s10639-020-10238-9
[10] Pressman, R. (2014). Software Engineering: A Practitioner’s Approach, 8th Edition. McGraw-Hill.
[11] Sandi, K. (2015). Perancangan E-Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Guru dan Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Teknik Informatika, 82–88.
[12] Sheehan, M., & Park, Y. (2012). pGPA: A personalized grade prediction tool to aid student success. RecSys’12 - Proceedings of the 6th ACM Conference on Recommender Systems, 309–310. https://doi.org/10.1145/2365952.2366027
[13] Song, Y., Ji, W., & Liu, S. (2017). Research on personalized hybrid recommendation system. IEEE CITS 2017 - 2017 International Conference on Computer, Information and Telecommunication Systems, 133–137. https://doi.org/10.1109/CITS.2017.8035321

Downloads

Published

2021-12-17

How to Cite

Leandros, R., Lena, L., & Murad, D. F. (2021). Smart Desain Sistem Pembelajaran pada Kursus Bahasa Inggris Intensif. Jutis (Jurnal Teknik Informatika), 9(1), 61–72. https://doi.org/10.33592/jutis.v9i1.1286