Sistem Informasi Monitoring Truk Pengiriman Barang Berbasis Mobile Android Dan Web Service Studi Kasus CV. Hendry Cipta Karya

Authors

  • Diki Nur Muhammad Yusuf Universitas Islam Syekh Yusuf
  • Mohammad Ridwan Universitas Islam Syekh Yusuf
  • Tri Wardoyo Darmosunarno

DOI:

https://doi.org/10.33592/jutis.Vol6.Iss2.131

Keywords:

Sistem, Sistem Informasi, Monitoring, Truk Barang, Mobile, Android, Web Service

Abstract

Pengiriman barang memiliki suatu misi yaitu mengirim barang dengan benar pada tempat dan waktu yang tepat, akan tetapi dalam proses pengiriman barang sering terjadi kendala seperti kemacetan di perjalanan, kecurangan -kecurangan terhadap sopir dalam memanfaatkan waktu, barang yang di terima tidak layak atau tidak sesuai pesanan konsumen. Hal tersebut dapat terjadi karena lemah nya pengawasan dari pihak perusahaan sehingga dapat merugikan biaya operasional perusahaan. Maka dari itu perusahaan harus ber inovasi agar terpuasnya kebutuhan konsumen, terutama konsumen yang telah lama berasosiasi dan bekerjasama dengan perusahaan. Untuk mengatasi permasalahan yang disebutkan di atas di perlukan aplikasi mobile dan website yang dapat membantu pengawasan dalam pengiriman barang sehingga tidak terjadi keterlambatan dalam pengiriman barang dan mendapatkan titik koordinat lokasi kendaraan dari sejak kegiatan awal dimulai sampai ke tempat dimana pengangkutan terakhir, dari beberapa kasus tersebut penulis membuat sebuah “Sistem Informasi Monitoring Truk Pengiriman Barang Berbasis Mobile Android dan Web Service†di CV. Hendry Cipta Karya.

References

Ahmad Rifai, 2013. Sistem Informasi Pemantau Kendaraan Dinas Unsri Menggunakan Teknologi GPS. JSI Vol.5, No.2, Oktober 2013.

Apriyani, Eka, Meyti Dkk. 2012. Sistem Pelacakan Kapal Berbasis Mobile Android dan Web Server. Jurnal Integrasi JI Vol. 4, No. 2, Agustus 2012.

Kadir. 2014. Pengenalan Sistem Informasi Edisi Revisi. Yogyakarta : Penerbit Andi.

Kasman. 2015. Aplikasi Pemesanan Tiket Online Berbasis Web dan Android. Cirebon : Cv.Asfa Solution.

M. Shalahudin, Rosa. 2016. Rekaya Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung : Penerbit Informatika.

Nuchvi, Muhajirin dkk. 2015. Tracking Kendaraan Mobile dengan Pemanfaatan GPS Berbasis Android. Jurnal Kajian Ilmiah UBJ, Volume 15 Nomor : 2, September 2015.

Nugroho. 2013. Dasar Pemrograman Web PHP – MySQL dengan Dreamweaver. Yogyakarta : Penerbit Gava Media.

Priyanto, Jauhari. 2014. Pemrograman WEB. Bandung : Informatika Bandung.

Perdananto, Agung 2017. Sistem Pelacak Menggunakan GPS Tracker Untuk Ponsel Android. Jurnal ICT Akademik Telkom, Vol.8 No.15, November 2017.

Ria Setiawati. (2012). Analisa Perancangan Sistem Pelacakan Pengiriman Barang Berabsis WAP dan Sms. Skripsi S1. Universitas Bina Marga, Palembang.

Reza Ramadhan, Edi Nugroho dkk. 2017. Perancangan Sistem Informasi Monitoring Skripsi. ISSN : 2085-6350.

Sutabri, Tata.2012. Analisa Sistem Informasi. Yogyakarta : Penerbit Andi

Ridwan, M. (2018). OPTIMALISASI TEKNOLOGI INFORMASI BERBASIS SMS GATEWAY MEMANFAATKAN PERINTAH DASAR AT COMMAND. JURNAL TEKNIK INFORMATIKA UNIS, 1(1).

Ridwan, M. (2019). PENERAPAN RAD SEBAGAI DASAR PEMGEMBANGAN APLIKASI SISTEM INFORMASI KULIAH KERJA KEMASYARAKATAN DI UNIVERSITAS ISLAM SYEKH-YUSUF. PELITA, 18(2), 144-160.

Ridwan, M., & Tarmizi, M. H. (2018). Sistem Sosialisasi Informasi Pemerintahan Desa Dan UKM (Usaha Kecil Menengah) Desa Berbasis Website Dengan Menggunakan Pendekatan Content Management System (CMS) Studi Kasus: Desa Wonosekar Kecamatan Gembong, Pati. JURNAL TEKNIK INFORMATIKA UNIS, 6(1), 61-66.

Downloads

Published

2020-02-20

How to Cite

Muhammad Yusuf, D. N., Ridwan, M., & Darmosunarno, T. W. (2020). Sistem Informasi Monitoring Truk Pengiriman Barang Berbasis Mobile Android Dan Web Service Studi Kasus CV. Hendry Cipta Karya. Jutis (Jurnal Teknik Informatika), 6(2), 71–75. https://doi.org/10.33592/jutis.Vol6.Iss2.131