Perancangan Aplikasi Akademis Berbasis Android Pada SMP Kartika XI di Jakarta Timur

Authors

  • Taufiq Septryana Universitas Indraprasta PGRI
  • Yuli Haryanto , Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
  • Andi Prastomo Universitas Indraprasta PGRI

DOI:

https://doi.org/10.33592/jutis.v10i2.2898

Keywords:

Aplikasi Akademis, Sistem Informasi Akademis, MySql, Typescript

Abstract

SMP Kartika XI adalah salah satu entitas pendidikan yang berkewajiban menjalankan kegiatan akademis. Dengan aplikasi akademis berbasis android, maka bisa membantu dalam menjalankan kegiatan akademis tersebut agar lebih efisien dan hemat secara pembiayaan. Oleh karena itu, penelitian ini berusaha untuk memberikan solusi pada masalah rutinitas yang masih belum efektif pada SMP Kartika XI yang masih mengandalkan cara manual dalam absensi, nilai serta pengumuman berita sekolah. Peneliti menggunakan metode grounded research untuk mencari tahu permasalahan yang ada, dilengkapi dengan observasi dan wawancara pihak berwenang untuk mencari data dan validasi agar masalah yang ada bisa diselesaikan secara akurat. Perancangan sistem dibangun menggunakan bahasa pemrograman Typescript, kerangka kerja Ionic pada sisi client, serta Golang untuk disisi server. Sedangkan untuk basis data menggunakan MYSQL. Adapun hasil penelitian ini adalah aplikasi akademis berbasis android yang ditujukan untuk guru dan siswa bisa melakukan kegiatan seperti input absensi, melihat riwayat absensi, informasi jadwal mata pelajaran, nilai, serta berita terbaru mengenai sekolah.

 

Kata kunci: Aplikasi Akademis, Sistem Informasi Akademis

References

[1] Adi, A. P. (2022). Panduan Cepat Belajar HTML, PHP, & MYSQL . Jakarta: Elex Media Komputindo.
Alda, M. (2020). Aplikasi CRUD Berbasis Android Dengan Kodular Dan Database Airtable. Bandung: Media Sains Indonesia.
[2] Andrawos, Mina; Helmich, Martin;. (2017). Cloud Native Programming with Golang . Birmingham: Packt Publishing.
Chemy, B. (2019). Programming TypeScript: Making Your JavaScript Applications Scale . California: O'Reilly Media, Inc.
[3] Griffith, C. (2017). Mobile App Development with Ionic, Revised Edition . Boston: O'Reilly Media.
Habibi, Roni; Karnovi, Riki;. (2020). Tutorial membuat aplikasi sistem monitoring terhadap job desk operational human capital . Bandung: Kreatif.
[4] Muchtar, Emilia; , Effiyaldi. (2019). Landasan Teori. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Manajemen Surat Masuk dan Surat Keluar Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Jambi, 194.
[5] Rahayu, W. (2019). Rancang Bangun Sistem Informasi Akademik Pada SMK Citra Dharma Berbasis JAVA.
Sabarini, Sri Santoso; Liskustyawati, Hanik; , Sunardi; Satyawan, Budhi; Nugroho, Djoko; Putra, Baskoro Nugroho. (2021). Persepsi dan Pengalaman Akademik Dosen Keolahragaan Mengimplementasikan E-Learning pada Masa Pandemi Covid-19. Yogyakarta: Deepublish.
[6] Setiawan, Dedy; Suratno, Tri; , Lutfi;. (2018). Analisis, Desain dan Rancang Bangun Sistem Informasi Akademik Mobile Berbasis Android.

Published

2022-11-30

How to Cite

Septryana, T., Haryanto, Y., & Prastomo, A. (2022). Perancangan Aplikasi Akademis Berbasis Android Pada SMP Kartika XI di Jakarta Timur. Jutis (Jurnal Teknik Informatika), 10(2), 136–143. https://doi.org/10.33592/jutis.v10i2.2898