Knowledge Sharing pada Knowledge Management System PT Telekomunikasi Indonesia International

Authors

  • Dina Fitria Murad Universitas Bina Nusantara
  • Anita B. Wandanaya STMIK Raharja
  • Willy Johan Widjaja Saputra Universitas Bina Nusantara
  • Rasyid Tarmizi STMIK Raharja

DOI:

https://doi.org/10.33592/jutis.Vol6.Iss1.37

Keywords:

Knowledge Management, Sharing Knowledge, SECI

Abstract

Knowledge Management memberikan banyak manfaat bagi sebuah perusahaan, termasuk PT. Telekomunikasi Indonesia International yang bergerak dibidang telekomunikasi, dimana dengan penerapannya, perusahaan dapat lebih efisien dalam hal biaya, meningkatkan kualitas kerja serta memberi kemudahan kepada karyawan dalam melakukan pekerjaan, seperti penyampaian informasi antar karyawan atau karyawan bisa bertukar informasi antar bagian, sehingga memberikan pengetahuan lebih bagi masing-masing divisi, terutama divi marketing dan sales. menggunakan model Knowledge Management SECI dilakukan analisis mendalam terhadap penerapan knowledge management di perusahaan ini. hasilnya proses knowledge sharing merupakan langkah yang paling tepat dalam penerapan knowledge management di PT Telkomsel Indonesi International.

References

S. M. Metev and V. P. Veiko, Laser Assisted Microtechnology, 2nd ed., R. M. Osgood, Jr., Ed. Berlin, Germany: Springer-Verlag, 1998.

Alusi, Fahmi. 2013. Kajian Pengembangan Knowledge

management System (KMS) Untuk Litbang Kedirgantaraan Pada Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nassional (LAPAN). Lapan : Pranata Komputer Pertama, 2013. Vol. 14. 1.

Budiman dan Riyanto, Agus. 2013. Kapita Selekta Kuesioner Pengetahuan dan Sikap dalam Penelitian Kesehatan. Jakarta : Salemba Medika, 2013.

Dalkir, Kimiz. 2011. Knowledge management in Theory and Practice. Burlington, United State of America : Elsevier Butterworth Heinemann USA, 2011.

Diana, Anastasia dan Setiawati, Lilis. 2010. Sistem Informasi Akutansi (Perancangan, Proses, dan Penerapan). Yogyakarta : ANDI, 2010.

Ictpena. 2015. Mengelola pengetahuan organisasi nirlaba. www.slideshare.net. [Online] LinkedIn Corporation, 25 May 2015. [Dikutip: 22 April 2017.]

https://www.slideshare.net/ictpena/mengelola-pengetahuan-organisasi-nirlaba.

Irwansyah, Edy dan V. Moniaga, Jurike. 2014. Pengantar Teknologi Informasi. Yogyakarta : Deepublish, 2014.

Jalaludin, Asep. 2015. Manajemen pengetahuan

asep_jalaludin_1&2. www.slideshare.net. [Online] LinkedIn Corporation, 13 February 2015. [Dikutip: 22 April 2017.

https://www.slideshare.net/abu_ali/manajemen-pengetahuan-asepjalaludin12.

Kadir, Abdul. 2014. Pengenalan Sistem Informasi. Yogyakarta : Andi Offset, 2014.

Kristanti, Tanti dan Pamela, Niko. 2011. Penerapan Knowledge Management System Berbasis Website CMS pada Divisi Produksi CV. Indotai Pratama Jaya. Bandung : s.n., 2011. Vol. 6. 89-99.

Kurniawan, Aris. 2016. Guru Pendidikan. gurupendidikan. [Online] gurupendidikan, 12 February 2016. [Dikutip: 9 May 2017.] www.gurupendidikan.com.

Lumbantobin, Paul. 2011. Manajemen knowledge sharing berbasis komunitas. Jakarta : Knowledge Management Society 2011, 2011.

Nawawi, Ismail. 2012. Manajemen Pengetahuan. Bogor : Ghalia Indonesia, 2012.

Rainer, Prince, Cegielski. 2014. Introduction to Information System. Chinnei : Wiley, 2014.

Rosa dan Shalahuddin, M. 2015. Rekayasa Perangkat Lunak – Terstruktur dan Berorientasi Objek. [penyunt.] 5. Bandung : Informatika, 2015.

Sam, Hisam. 2016. 7 Pengertian Karyawan Menurut Para Ahli. dosenpendidikan. [Online] dosenpendidikan, 26 November 2016. [Dikutip: 9 May 2017.] www.dosenpendidikan.com.

. 2014. mengolah Data Statistik Hasil Penelitian menggunakan SPSS. yogyakarta : Andi Offset, 2014.

Wahono, Puji dan Ika, S. 2012. Knowledge Management : Proses penciptaan Pengetahuan. Jember : Bagian Penerbitan Center For Society Study, 2012.

Downloads

Published

2020-02-20

How to Cite

Murad, D. F., Wandanaya, A. B., Saputra, W. J. W., & Tarmizi, R. (2020). Knowledge Sharing pada Knowledge Management System PT Telekomunikasi Indonesia International. Jutis (Jurnal Teknik Informatika), 6(1), 17–24. https://doi.org/10.33592/jutis.Vol6.Iss1.37