Prototipe Pengontrol Kunci Pintu Berbasis Arduino Uno Menggunakan RFID Studi Pada Smks Kesehatan Utama Insani

Authors

  • Asep Hardiyanto Nugroho Universitas Islam Syekh Yusuf
  • Al-Bahra Bin Ladjamudin Universitas Islam Syekh Yusuf
  • Siti Bariroh Universitas Islam Syekh Yusuf

DOI:

https://doi.org/10.33592/jutis.v7i2.390

Keywords:

keamanan, Arduino Uno, RFID, mikrokontroler

Abstract

Dalam rangka meningkatkan keamanan, SMKS kesehatan Utama Insani memperkerjakan seorang security untuk memegang kendali keamanan siswa dan lingkungannya. Security akan bekerja memantau perilaku siswa dan memantau keamanan setiap ruang yang ada. Namun sistem keamanan yang ada tidak berjalan dengan efektif, dimana hal ini disebabkan karena keterbatasan seorang security yang terkadang masih melakukan kesalahan dan kelalaian dalam memantau keamanan siswa dan ruangan. Untuk membantu meringankan tugas security dibutuhkan sistem keamanan yang lebih canggih dan efektif. Dalam penelitian ini, sistem keamanan yang digunankan adalah keamanan pintu berbasis Arduino Uno menggunakan RFID (Radio Frequency Identification), dimana RFID sering juga dikenal dengan istilah sensor tag ID yang cukup terkenal dan sering digunakan dalam bidang elektronika mikrokontroler. RFID merupakan sensor yang mengidentifikasi suatu objek dengan menggunakan frekuensi radio.

References

A. Kadir, “Pengertian Sistem Informasi Menurut Abdul Kadir,â€

in Pengenalan Sistem Informasi Edisi Revisi, 2014.

Yuhardiansyah, “ARDUINO MEGA 2560 REV 3,â€

yuhardiansyahblog, 2016. .

M. F. Wicaksono and T. R. Talma, “Perabot Multi Fungsi

Berbasis Mikrokontroler,†Komputika J. Sist. Komput., 2018.

R. H. Zain, “Sistem Keamanan Ruangan Menggunakan Sensor Passive Infra Red (PIR) Dilengkapi Kontrol Penerangan Pada Ruangan Berbasis Mikrokontroler Atmega8535 Dan Real Time Clock Ds1307,†J. Teknol. Inf. dan Pendid, 2013.

p-ISSN: 2252-5351 e-ISSN: 2656-0860

Downloads

Published

2020-02-20

How to Cite

Nugroho, A. H., Ladjamudin, A.-B. B., & Bariroh, S. (2020). Prototipe Pengontrol Kunci Pintu Berbasis Arduino Uno Menggunakan RFID Studi Pada Smks Kesehatan Utama Insani. Jutis (Jurnal Teknik Informatika), 7(2), 100–108. https://doi.org/10.33592/jutis.v7i2.390