Prototipe Sistem Pengelolaan Ujian Pendadaran Tugas Akhir Mahasiswa

Authors

  • Okkita Rizan STMIK Atma Luhur
  • Silvia Silvia STMIK Atma Luhur
  • Hengki Hengki STMIK Atma Luhur
  • Hamidah Hamidah STMIK Atma Luhur
  • R. Burham Isnanto STMIK Atma Luhur

DOI:

https://doi.org/10.33592/jutis.v7i2.393

Keywords:

skripsi, sidang pendadaran, metode object oriented, model prototipe, web.

Abstract

Ujian akhir, yang biasa disebut dengan skripsi merupakan tahapan akhir bagi mahasiswa untuk menyelesaikan studinya. Faktor yang menjadi penentu seorang mahasiswa telah menyelesaikan skripsinya dengan baik adalah apabila telah lulus melewati tahapan yang disebut dengan ujian pendadaran atau sering disebut dengan sidang skripsi. Di Lingkungan akademik STMIK Atma Luhur, jadwal pelaksanaan sidang skripsi dilaksanakan secara serentak atau kolektif di penghujung akhir semester, selesai jadwal mahasiswa bimbingan dengan dosen pembimbing masing-masing. Pengumuman hasil sidang skripsi langsung disampaikan pada hari itu juga, setelah memperoleh hasil penilaian dari dewan penguji skripsi. Kendala yang sedang terjadi adalah timbulnya kesulitan bagi mahasiswa untuk melakukan proses pendaftaran sidang skripsi, dikarenakan harus datang ke kampus dan mengantri di Bagian Administrasi dan Akademik Kemahasiswaan. Kendala berikutnya jadwal penguji yang sering bentrok dikarenakan jadwal sidang masih disusun secara sederhana. Pada saat penyampaian hasil sidang skripsi sering juga mengalami keterlambatan, dikarenakan distribusi form hasil sidang skripsi cukup lama diantar dari BAAK ke ruang sidang. Penelitian ini disusun untuk membantu proses pengelolaan administrasi ujian pendadaran mahasiswa, meliputi kemudahan proses pendaftaran, penyusunan jadwal bagi mahasiswa dan dewan penguji dan pelaporan akhir. Tahapan sistem ini dikembangkan menggunakan model fast. Metode analisis dan desainnya dibantu menggunakan object oriented. Hasil penelitian menunjukkan sistem yang dibangun berbasis web ini, mampu mengatasi permasalahan yang timbul dari sistem yang sedang berjalan saat ini.

References

Muftia, dkk. Sistem Informasi Seminar dan Sidang Tugas Akhir Program Studi Teknik Informatika Universitas Tanjungpura. JUSTIN,Vol 1,No 1, 2016.

I Putu Gede Budayasa, dkk. Optimasi Penjadwalan Seminar dan Sidang Tugas Akhir pada Sistem Infrmasi Tugas Akhir di STMIK STIKOM Indonesia.Jurnal Ilmu Komputer dan sains terapan Vol 5, No 2, April 2015,hal 96-105.

Arni Retno Mariana, dkk. Sistem Informasi Aplikasi Penilaian Sidang Skripsi Berbasis web di STMIK Bina Sarana Global. Jurnal Sisfotek Global, Vol 3, No 2, September 2013.

Neva Satyahadewi, dkk.Sistem Informasi Monitoring Tugas Akhir Berbasis Web. Journal of Computer Engineering System and Science Vol 4, No 1 Januari 2019.

Frisilia Meiny Tuturoong, dkk. Rancang Bangun Sistem Informasi Proses Tugas Akhir. E-journal Teknik Informatika, Vol 8, No 1, 2016.

Okkita Rizan, 2016, Sistem Informasi Penjadwalan Dosen Ajar Studi Kasus : STMIK Atma Luhur, Jurnal, STMIK Atma Luhur, Pangkalpinang.

p-ISSN: 2252-5351 e-ISSN: 2656-0860

Pressman, Roger S. 2002. Rekayasa Perangkat Lunak Pendekatan

Downloads

Published

2020-02-20

How to Cite

Rizan, O., Silvia, S., Hengki, H., Hamidah, H., & Isnanto, R. B. (2020). Prototipe Sistem Pengelolaan Ujian Pendadaran Tugas Akhir Mahasiswa. Jutis (Jurnal Teknik Informatika), 7(2), 122–130. https://doi.org/10.33592/jutis.v7i2.393