Pemilihan Siswa-Siswi Berprestasi Menggunakan Metode Weighted Product (WP) Studi Kasus SMP-Al Fitroh Tangerang

Authors

DOI:

https://doi.org/10.33592/jutis.v7i2.398

Keywords:

Pemilihan Siswa-Siswi Berprestasi Menggunakan Metode Weighted Product

Abstract

Sistem Pendukung Keputusan (SPK) merupakan sistem informasi, pemodelan, dan pemanipulasi data.Sistem itu digunakan untuk membantu pengambilan keputusan dalam situasi yang semiterstuktur dan situasi yang tidak terstruktur, dimana tak seorang pun tahu secara pasti bagaimana keputusan seharusnya dibuat. Sistem pendukung keputusan dapat dihasilkan dengan menggunakan beberapa macam metode, salah satu diantaranya adalah Metode Weighted Product (WP). Metode Weighted Product (WP) adalah merupakan metode yang mengunakan perkalian untuk menghubungkan rating atribut, di mana rating setiap atribut harus dipangkatkan terlebih dahulu dengan bobot atribut yang bersangkutan. Proses ini sama halnya dengan proses normalisasi. Proses SPK untuk menentukan penerima beasiswa.Dengan menggunakan Sistem Pendukung Keputusan dan database, data beasiswa di SMP AL-FITROH Tangerang dapat disimpan di dalamnya, sehingga jika terjadi kesalahan dalam penginputan nilai atau data beasiswa, maka data yang salah tersebut dapat diperbaiki tanpa harus menginput data ulang data beasiswa. Beasiswa adalah pemberian berupa bantuan keuangan yang diberikan kepada perorangan yang bertujuan untuk digunakan demi keberlangsungan pendidikan yang ditempuh. Metodologi penelitian yang digunakan dalam pembuatan sistem penerimaan siswa-siswi berprestasi adalah metode waterfall yang meliputi sistem enginering, analysis, design, coding dan testing. Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP (Hypertext Preprocessor), framework menggunakan code integer, Xampp web server.

References

T. Hidayat and Y. K. Hasim, “Model Multi-Attribut Decission Making ( MADM ) Untuk Penilaian Kinerja Dosen Menggunakan Metode Weighted Product,†pp. 37–42.

W. Suharso et al., “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Laptop Pada E-Commerce Menggunakan Metode Weighted Product,†Semin. Nas. Teknol. dan Rekayasa 2019, pp. 43–53, 2019.

S. Solikhun, “Perbandingan Metode Weighted Product Dan Weighted Sum Model Dalam Pemilihan Perguruan Swasta Terbaik Jurusan Komputer,†Klik - Kumpul. J. Ilmu Komput., vol. 4, no. 1, p. 70, 2017.

Downloads

Published

2020-02-20

How to Cite

Hidayat, T., & Komariah, S. (2020). Pemilihan Siswa-Siswi Berprestasi Menggunakan Metode Weighted Product (WP) Studi Kasus SMP-Al Fitroh Tangerang. Jutis (Jurnal Teknik Informatika), 7(2), 159–163. https://doi.org/10.33592/jutis.v7i2.398