Sistem Pakar Diagnosis Penyakit Ikan Mas Menggunakan Metode Certainty Factor Di UPT Balai Budidaya Ikan Air Tawar Dan Hias Kabupaten Pandeglang Banten

Authors

  • Zaenal Hakim Universitas Mathla’ul Anwar Banten
  • Robby Rizky Universitas Mathla’ul Anwar Banten

DOI:

https://doi.org/10.33592/jutis.v7i2.399

Keywords:

Sistem Pakar, Diagniosa, Certainty Factor, Penyakit, Ikan Mas

Abstract

Sistem pakar yang mampu mendiagnosa penyakit pada Ikan Mas berdasarkan pengetahuan yang diberikan langsung dari pakar/ahlinya dan melalui studi literatur. Penelitian ini menggunakan metode perhitungan Certainty Factor (CF) dalam menghitung tingkat kepakaran. Data penelitian ini terdiri dari data gejala dan data penyakit ikan mas, serta data aturan. Sistem pakar pada organisasi ditujukan untuk penambahan value, peningkatan produktivitas serta area manajerial yang dapat mengambil kesimpulan dengan cepat. Begitu pula dengan organisasi yang melakukan bisnis budidaya ikan, yang sangat menjanjikan, namun perlu kewaspadaan yang tinggi terhadap adanya serangan penyakit, seperti halnya Ikan yang sangat rentan terhadap berbagai jenis penyakit yang disebabkan virus ataupun bakteri. Manfaat yang diperoleh dari sistem pakar yang mampu melakukan diagnosis dengan cepat, tepat dan akurat terhadap gejala penyakit yang ditimbulkan diharapkan mampu membantu para pembudidaya dalam mengantisipasi kerugian yang diakibatkan serangan penyakit.

References

Afifah, Mutiara Pertiwi. (2017). Sistem Pakar Diagnosa dan Analisis Farmakologi Penyakit Hewan Menular Zoonosis Menggunakan Metode Certainty Factor.

Arhami, Muhammad. (2004). Konsep Dasar Sistem Pakar. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.

Didik Dwi Prasetyo. (2004). Aplikasi Database Client/Server Menggunakan Delphi dan MySQL. Jakarta : PT.Elex Media Komputindo.

Kementrian Kelautan dan Perikanan. (2014). Buku Saku Pengendalian Penyakit Ikan. Jakarta : Direktorat Jendral Perikanan Budidaya.

Ladjamuddin. B, Albahra (2006). Rekayasa Perangkat Lunak. Yogyakarta:GRAHA ILMU.

Rosa A.S. dan M. Shalahuddin. (2013). Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung: Informatika. Diambil 29 April 2019

Sugiyono. (2013). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Wahyuni Reksoatmodjo. (2018 ). Analisis dan Perancangan Sistem Basis Data. Yogyakarta: Andi Offset

Zulfania Riza, Riza Rochma. (2016). Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Dementia Alzheimer Metode Certainty Factor. Jurnal Ilmiah. E-Journal Unesa.

Downloads

Published

2020-02-20

How to Cite

Hakim, Z., & Rizky, R. (2020). Sistem Pakar Diagnosis Penyakit Ikan Mas Menggunakan Metode Certainty Factor Di UPT Balai Budidaya Ikan Air Tawar Dan Hias Kabupaten Pandeglang Banten. Jutis (Jurnal Teknik Informatika), 7(2), 164–169. https://doi.org/10.33592/jutis.v7i2.399