STANDARISASI INFRASTRUKTUR JARINGAN KOMPUTER SEKOLAH BERBASIS CISCO SAFE CONCEPT UNTUK MENUNJANG SISTEM INFORMASI SEKOLAH

Authors

  • Ade Ismail Universitas Islam Syekh Yusuf

DOI:

https://doi.org/10.33592/jutis.Vol1.Iss1.4

Keywords:

Networking Technology, Standarisasi Infrastruktur Jaringan Sekolah, Cisco Safe Concept

Abstract

Infrastruktur jaringan komputer dibangun sebagai penunjang jalannya sistem informasi disekolah. Dengan infrastruktur yang tepat maka layanan yang dijalankan akan lebih maksimal. Namun dibeberapa sekolah infrastruktur yang tidak tepat menjadi penghambat jalannya sistem informasi, untuk itu perlu dilakukan standarisasi infrastruktur bagi jaringan bagi sekolah. Cisco safe concept menjadi salah satu standar yang bisa diterapkan untuk mendapatkan infratruktur jaringan komputer yang baik, namun implementasi dari konsep tersebut menghabiskan biaya yang besar bagi sekolah. Dengan itu perlu dilakukan penyesuain perangkat perangkat yang digunakan dengan tetap menggunakan cisco safe concept agar dihasilkan infrastruktur yang standar bagi sekolah namun tetap dengan biaya yang tidak telalu besar. 

References

Cisco Sistems, I. (2010, July 8). Cisco SAFE Reference Guide . 170 West Tasman Drive, San Jose, USA.

Froom, R., Sivasubramanian, B., & Frahim, E. (2010, June 25). Implementing Cisco IP Switched Networks (SWITCH) Foundation Learning Guide: Foundation learning for SWITCH 642-813. Indianapolis: Cisco Press.

Mustikasari, A. (2013). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Dalam Pembelajaran Kurikulum 2013. LPM JATENG, Jawa Tengah.

Rusli, A. H., Rudy, H., & Adhistya, E. P. (2016). Rancang Bangun Internet Of Things Pada Layanan Sistem Akademik Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Sekolah Di Smkn 2 Sewon. Prosiding SNST ke-7 Fakultas Teknik Universitas Wahid Hasyim Semarang, 255-259.

Selinger, M., Sepulveda, A., & Buchan, J. (2013, Oktober). Education And The Internet Of Everything How Ubiquitous Connectedness Can Help.

Downloads

Published

2020-02-20

How to Cite

Ismail, A. (2020). STANDARISASI INFRASTRUKTUR JARINGAN KOMPUTER SEKOLAH BERBASIS CISCO SAFE CONCEPT UNTUK MENUNJANG SISTEM INFORMASI SEKOLAH. Jutis (Jurnal Teknik Informatika), 5(1). https://doi.org/10.33592/jutis.Vol1.Iss1.4