Sistem Tracer Study Dan Persebaran Alumni Berbasis Web Di Universitas Islam Syekh-Yusuf Tangerang

Authors

  • Qiswah Mardzotillah Universitas Islam Syekh-Yusuf
  • Mohammad Ridwan Universitas Islam Syekh-Yusuf

DOI:

https://doi.org/10.33592/jutis.v8i1.705

Keywords:

Sistem Tracer Study, Persebaran Alumni, Web, PHP, Codeigniter

Abstract

Tracer Study merupakan studi pelacakan jejak alumni untuk memperoleh informasi dalam pemberdayaan dan pendataan alumni, sehingga alumni dapat memberikan umpan balik dalam perbaikan pengelolaan pendidikan serta meningkatkan kualitas lulusan dimasa mendatang, karena jenjang karir mahasiswa yang lulus merupakan aspek penting untuk menghasilan lulusan yang memiliki daya saing dan siap dalam bekerja. Sistem tracer study dan persebaran alumni pada Universitas Islam Syekh-Yusuf Tangerang merupakan upaya dalam pengembangan model sistem informasi tracer study berbasis web di Fakultas Teknik, dengan sistem login yang telah terintegrasi dengan SINA (Sistem Informasi Akademik). Dalam perancangan sistem, model pengembangan sistem menggunakan extreme programming dan desain sistem yang digunakkan Unified Model Language (UML). Sistem ini diimplementasikan dengan bahasa pemograman Hypertext Preprocessor (PHP), database server MySQL sebagai basis data dan jenis framework menggunaan Codeigniter. Hasil dari penelitian ini adalah sistem tracer study dan persebaran alumni berbasis web di Universitas Islam Syekh-Yusuf Tangerang dengan menyajikan informasi mengenai data alumni, informasi lowongan pekerjaan, persebaran alumni dan hasil dari sistem ini memudahkan pihak admin untuk pengelolaan data alumni, memberikan kemudahan informasi persebaran alumni serta pengisian kuisioner lulusan yang diakses secara online.

Author Biographies

Qiswah Mardzotillah, Universitas Islam Syekh-Yusuf

Teknik Informatika

Mohammad Ridwan, Universitas Islam Syekh-Yusuf

Teknik Informatika

References

J. Hutahea, Konsep Sistem Informasi. 2014. [2] Rahmawati, “SISTEM INFORMASI INVENTORY STOK BARANG PADA CV. ARTHA PALEMBANG,†vol. 140, pp. 67–72, 2017.

N. Fajaryati, “Studi Penelusuran (Tracer Study) Terhadap Alumni Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakart,†2015.

F. Ariansyah, “Rancang Bangun Sistem Informasi Pendataan Alumni Pada Stie Prabumulih Berbasis Website Dengan Menggunakan Bootstrap,†J. Inform., 2017.

H. Safitri, “STUDI PENELUSURAN ALUMNI LULUSAN PROGRAM STUDI S1 PENDIDIKAN FISIKA UNIVERSITAS TERBUKA,†2014.

A. Belinda et al., “Pengembangan Situs Web sebagai Wadah Berbagi Jurnal Menggunakan Framework Codeigniter,†2018.

R. M. N. Ruli Erinton, “Analisis Performasi Framework Codeigniter Dan Laravel Menggunakan Web Server Apache,†eProceedings Eng., vol. 4, no. 3, pp. 3565–

, 2017.

G. A. Priyatna Zaman, “Perancangan Dan Implementasi Web Servicesebagai,†J. Inform., 2017.

M. I. Perkasa and E. B. Setiawan, “Pembangunan Web Service Data Masyarakat Menggunakan REST API dengan Access Token,†J. Ultim. Comput., vol. 10, 2018.

G. P. H. Indra Griha Tofik Isa, “Perancangan Aplikasi Koperasi Simpan Pinjam Berbasis Web (Studi Kasus Koperasi Mitra Setia),†J. Ilm. Ilmu Ekon., vol. 5, no. 10, pp. 139–151, 2017.

A. Fatoni and D. Dwi, “Rancang Bangun Sistem Extreme Programming Sebagai Metodologi Pengembangan Sistem,†J. Prosisko, 2016.

M. S. Mustaqbal, R. F. Firdaus, and H. Rahmadi, “Pengujian Aplikasi Menggunakan Black Box Testing Boundary Value Analysis,†Penguji. Apl. Menggunakan Black Box Test. Bound. Value Anal. (Studi Kasus Apl. Prediksi Kelulusan SNMPTN), 2015.

Downloads

Published

2020-10-23

How to Cite

Mardzotillah, Q., & Ridwan, M. (2020). Sistem Tracer Study Dan Persebaran Alumni Berbasis Web Di Universitas Islam Syekh-Yusuf Tangerang. Jutis (Jurnal Teknik Informatika), 8(1), 90–106. https://doi.org/10.33592/jutis.v8i1.705