PELATIHAN PENYUSUNAN DESAIN PEMBELAJARAN MENYENANGKAN TERINTEGRASI IT DALAM MENUNJANG PEMBELAJARAN JARAK JAUH GURU SEKOLAH DASAR

  • Mujinem Mujinem
  • Anwar Senen
  • Firmansyah Firmansyah Universitas Negeri Yogyakarta https://orcid.org/0000-0002-8785-795X
  • Hidayati Hidayati
  • Sekar Purbarini K.

Abstract

Artikel ini berisikan laporan pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masayarakat berupa pelatihan desain pembelajaran menyenangkan yang terintegrasi IT dalam menunjang pembelajaran jarak jauh untuk guru sekolah dasar di Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Kegiatan pelatihan melibatkan 30 orang guru-guru yang tersebar dari berbagai wilayah di daerah Sleman mulai dari guru kelas I hingga VI SD. Hasil kegiatan dievaluasi melalui pemberian pre-test dan post-test kepada peserta pelatihan mengenai desain pembelajaran menyenangkan (Joyful Learning), penggunaan teknologi informasi, dan pembelajaran jarak jauh serta penilaian produk peserta pelatihan. Hasil uji T-Paired Sample Test menunjukan perbedaan rata-rata pengetahuan peserta kegiatan pelatihan penyusunan desain pembelajaran menyenangkan terintegrasi teknologi informasi dalam menunjang pembelajaran jarak jauh. Hasil evaluasi produk menunjukkan kualitas perencanaan pembelajaran yang dibuat oleh peserta pelatihan selama mengikuti kegiatan pelatihan dalam kategori baik

Published
2021-06-22
How to Cite
Mujinem, M., Senen, A., Firmansyah, F., Hidayati, H., & Purbarini K., S. (2021). PELATIHAN PENYUSUNAN DESAIN PEMBELAJARAN MENYENANGKAN TERINTEGRASI IT DALAM MENUNJANG PEMBELAJARAN JARAK JAUH GURU SEKOLAH DASAR. Pelita : Jurnal Penelitian Dan Karya Ilmiah, 21(1), 68 - 78. https://doi.org/https://doi.org/10.33592/pelita.v21i1.1130
Section
Articles