PERSEPSI SISWA DAN GURU TERHADAP MATERI PECAHAN

  • Khaerunnisa Agustiana Universitas Pendidikan Indonesia
Keywords: Perception, Fraction, Analysis, Interpretaion

Abstract

Lamon dalam (Clarke,Roche dan Mitchell, 2008, hlm. 373) mengemukakan bahwa banyak guru menemukan pecahan sulit untuk dipelajari dan diajarkan. Siswa dan calon guru mempelajari pecahan sejak Sekolah Dasar. Muncul pertanyaan pada diri penulis bagaimanakah persepsi siswa dan calon guru terhadap materi pecahan kemudian bagaimana persamaan dan perbedaan persepsi siswa dan calon guru terhadap pecahan? Tujuan artikel ini adalah mengkaji persepsi siswa dan calon guru terhadap materi pecahan serta persamaan dan perbedaan persepsi siswa dan calon guru terhadap materi pecahan.Persepsi siwa kelas VII terhadap lima interpretasi pecahan adalah mereka dapat menyelsaikan soal terkait pecahan sebagai bagian dari keseluruhan, hasil bagi operator dan perbandingan dengan interpretasi yang sesuai dengan makna interpretasi pecahan yang bersangkutan serta tidak ada siswa kelas VII yang dapat mengerjakan soal terkait pecahan sebagai ukuran dengan interpretasi yang sesuai dengan makna pecahan sebagai ukuran. Persepsi calon guru terhadap lima interpretasi pecahan adalah mereka dapat menyelsaikan soal terkait semua interpretasi pecahan. Setiap interpretasi terdapat calon guru yang daapt mengerjakan dengan interpretasi yang sesuai dengan makna interpretasi pecahan yang bersangkutan. Persamaan persepsi siswa dan calon guru terhadap materi pecahan adalah pada semua interpretasi pecahan. Sedangkan perbedaan persepsi siswa dan calon guru terhadap materi pecahan adalah pada interpretasi pecahan sebagai bagian dari keseluruhan, hasil bagi, operator dan ukuran, hanya interpretasi sebagai perbandingan yang terkecuali.

Published
2021-06-20
How to Cite
Agustiana, K. (2021). PERSEPSI SISWA DAN GURU TERHADAP MATERI PECAHAN. Pelita : Jurnal Penelitian Dan Karya Ilmiah, 21(1), 93 - 116. https://doi.org/https://doi.org/10.33592/pelita.v21i1.1225
Section
Articles