INTEGRASI BUDAYA MASYARAKAT DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA: CONTOH DALAM PEMBELAJARAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL

Authors

  • Jarnawi Afgani Dahlan Universitas Pendidikan Indonesia
  • Nurrohmah . SMP Negeri 3 Cibadak – Lebak Banten

Keywords:

Pembelajaran Matematika, Bahan Ajar, Budaya, Makanan Tradisional

Abstract

Penelitian ini mengkaji pengembangan dan penerapan pembelajaran Sistem Persamaan Dua Variabel dengan Bahan Ajar berbasis pada nilai budaya masyarakat di Kabupaten Lebak Banten. Nilai-nilai sosial dan budaya yang digunakan dalam pembelajaran adalah makanan tradisional (jojorong, pasung, papais, enye-enye, rangginang, opak, gipang, bolu kelemen). Dari implementasi pembelajaran diperoleh informasi bahwa beberapa siswa tidak mengenal dengan baik makanan tradisional yang digunakan pada pembelajaran, aktivitas belajar siswa dapat dikategorikan sedang, pada umumnya siswa memahami pengetahuan matematika (konsep, prinsip dan prosedur) secara induktif, motivasi belajar siswa dapat dikategorikan baik. Kendala yang muncul dalam praktek pembelajaran diantaranya siswa sangat bergantung pada benda kongkrit (makanan tradisional), serta penemuan pengetahuan matematika memerlukan berbagai pola untuk menjembatani berfikir siswa.


This study examines the development and application of learning of Two Variable Equations System with Teaching Materials based on social and cultural values of society in Lebak Banten. The social and cultural values used in learning are traditional foods (jojorong, pasung, papais, enye-enye, rangginang, opak, gipang, cakes kelemen). From the learning implementation, it is found that some students are not familiar with the traditional food used in learning, the students 'learning activity can be categorized as being, generally the students understand the mathematical knowledge (concept, principle and procedure) inductively, the students' learning motivation can be categorized well. Constraints that arise in the practice of learning such as students are very depend on concrete material (traditional food), and the discovery of mathematical knowledge requires various patterns to bridge students thinking.

References

Bell, F. H., (1978). Teaching and learning mathematics (In secondary schools). Dubuque, Iowa : Wm. C. Brown Company Publisher.

Bishop, A. J., (1991). Dalam kompasiana. http://www.kompasiana.com/hadi_dsaktyala/ ethnomathematics-matematika-dalam-perspektif-budaya_551f62a4a333118940b659fd.

Febriani, S. (2013). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah melalui model pembelajaran berbasis masalah pada materi system persamaan linear dua variabel kelas VIII SMPN 3 Labuhan Haji Timur. FKIP Unysiah: Skripsi. http://etd.unsyiah.ac.id/baca/index.php?id=24371&page=1.

Jennings, S. dan Dunne. (1999). Math Stories,Real Stories, Real-life Stories, (Online), (www.ex.ac.uk/telematics/T3/maths/mathfram.htm).

Kristianus, (2017). Cullinary based on Dayak culture in West Kalimantan In Prosiding Internasional Congress 1 Dayak Culture [https://books.google.co.id/books?id=rNUtDwAAQBAJ&pg= PA134&lpg=PA134&dq].

Munaka, F., Zulkardi & Purwoko, (2009). Meningkatkan kemampuan siswa menyelesaikan soal kontekstual melalui cooperative learning di kelas VIII1 SMP Negeri 2 Kedamaran Oki. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), pp.47 – 60.

National Council of Teacher of Mathematics (NCTM), (2000). Principles and standards for school mathematics. USA : NCTM.

Novianti, R. D. & Syaichudin, M., (2010). Pengembangan media komik pembelajaran matematika untuk meningkatkan pemahaman bentuk soal cerita BAB Pecahan pada siswa kelas V SDN Ngembung. Jurnal Teknologi Pendidikan, Vol.10 No. 1, April 2010 (74â€85). http://ejournal.unesa.ac.id/article/7338/73/article.pdf.

Perbowo, K., (2013). Analisis kemampuan Problem Solving pada Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) siswa Madrasah Tsanawiyah Al-Kahfi Jakarta. Dalam Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika UIN Syarif Hidayatulloh Jakarta. Pp. 139 – 147 [https://www.researchgate.net/publication/308888231].

Putri, D.Y.K & Ariyanti, G., (2015). Pengembangan komik matematika sebagai media pembelajaran berbasis pendidikan karakter pada materi perkalian Bilangan Bulat Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Edukasi Matematika (JIEM) 23 Vol. 1/No.1/April 2015 ISSN: 977-2442-8780-11. download.portalgaruda.org/article.php

Rahmawati, D., Hudiono, D. & Nursangaji A., (tt). representasi visual matematika siswa dalam menyelesaikan masalah verbal SPLDV kelas IX SMP. http://jurnal.untan.ac.id/index.php /jpdpb/article/viewFile/ 10274/9953.

Rosa, M. & Orey, D. C., (2011). Ethnomathematics: the cultural aspects of mathematics. Revista Latinoamericana de Etnomatemática, 4(2). 32-54.

Ruseffendi, E. T., (1991). Pengantar kepada membantu guru mengembangkan kompetensinya dalam pengajaran matematika untuk meningkatkan cbsa. Bandung : Tarsito.

Sarismah, (tt). Penerapan Realistic Mathematic Education (Rme) untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi Segitiga Kelas VII-H SMP Negeri 7 Malang. [http://jurnal-online.um.ac.id/data/artikel/artikel09615885D322CBF4AD13CBA4C6BA092E.pdf].

Steffe, L.P. & Tzur, R., (1994). Interactional children’s mathematics. Journal of Research in Childhood and Education, 8 (2), pp. 99 – 116.

Supriadi, (2014). Mengembangkan kemampuan dan disposisi pemodelan serta berpikir kreatif matematik mahasiswa PGSD melalui Pembelajaran Kontekstual berbasis Etnomatematika. (Unpublished thesis magister). Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Indonesia.

Sutawidjaya, A. & Dahlan, J. A., (2011). Model Pembelajaran Matematika. Modul UT. Jakarta: Universitas Terbuka.

Waege, K., (2009). Motivation for learning mathematics in terms of needs and goals. In Proceedings of CERME 6, January 28th-February 1st 2009, Lyon France © INRP 2010. [www.inrp.fr/editions/cerme6].

Webb, Van Der Kooij & Geist., (2011). Design Research in the Netherlands: Introducing Logarithms Using Realistic Mathematics Education. Journal of Mathematics Education at Teachers College. Spring–Summer 2011, Volume 2. Pp. 47 – 52.

Wongso, (2015). http://www.infobudaya.net/2015/03/william-wongso-kuliner-sebagai-identitas-budaya/.

Zhang, W., and Zhang, Q., (2010).Ethno mathematics and Its Integration within the Mathematics Curriculum. Journal Mathematics Education. 3 (1), pp.151-157.

Downloads

Published

2018-06-15

How to Cite

Dahlan, J. A., & ., N. (2018). INTEGRASI BUDAYA MASYARAKAT DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA: CONTOH DALAM PEMBELAJARAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL. Pelita : Jurnal Penelitian Dan Karya Ilmiah, 18(1), 15–31. Retrieved from https://ejournal.unis.ac.id/index.php/pelita/article/view/25