ANALISA KERJASAMA PEMERINTAH DAN BADAN USAHA MODEL BUILD AND TRANSFER PADA UPAYA ESKALASI KINERJA PERUSAHAAN UMUM DAERAH AIR MINUM TIRTA KERTA RAHARJA

  • Ahmad Rizal PASCASARJANA
  • Teuku Fajar Shadiq Program Pascasarjana Universitas Islam Syekh-Yusuf
  • Mastur Thoyib Program Pascasarjana Universitas Islam Syekh-Yusuf

Abstract

Penelitian dengan judul Analisa Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha Model Build and Transfer pada Upaya Eskalasi Kinerja Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Kerta Raharja atau PERUMDAM TKR ini bertujuan untuk menganalisa apakah konsep kerjasama ini dapat dipergunakan oleh perusahaan sektor air minum untuk melakukan pembiayaan investasi bagi kebutuhan percepatan peningkatan kinerja. Metode yang dipergunakan adalah Kualitatif Deskriptif dan wawancara dengan informan. Latar belakang penelitian berdasarkan program kerja PERUMDAM TKR dalam memenuhi target kinerja penambahan pelanggan sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Kabupaten Tangerang tahun 2019-2024 sebanyak 60.000 pelanggan atau penambahan nilai cakupan dari 31% menjadi 60%. Percepatan penambahan pelanggan tahun 2021 menjadi prioritas seiring meningkatnya kebutuhan akses air minum di masa pandemi yang melanda wilayah kabupaten Tangerang. Salah satu program dari PERUMDAM TKR berupa rencana pemasangan jaringan perpipaan distribusi di Sistem Penyediaan Air Minum Zona A meliputi Kecamatan Kelapa Dua, Legok dan Curug dengan kebutuhan biaya investasi untuk pengadaan dan pemasangan jaringan pipa. Besarnya biaya investasi dihadapkan pada ketidaktersediaan pendanaan sendiri sehingga perusahaan harus mencari alternatif pembiayaan salah satunya melalui Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha model Build and Transfer dimana badan usaha mengeluarkan biaya dan pemasangan jaringan pipa setelah selesai diserahkan kepada pemerintah (Zainal Asikin, 2013). Dari hasil penelitian didapatkan hasil : (1) Secara regulasi KPBU model Build and Transfer ini didukung melalui beberapa peraturan pemerintah yang memberikan kesempatan bagi perusahaan sektor air minum untuk bekerjasama dengan badan usaha, salah satunya Permen PUPR 19/2016 dan skema Build, Operate, Transfer New Model (Mada Dahana, 2014) Build and Transfer dapat dipergunakan untuk Distribution Unit dalam konteks ini pemasangan jaringan pipa distribusi; (2) Aspek Construction works model Build and Transfer memberikan percepatan dalam penyelesaian pekerjaan proyek; (3) Sisi pembiayaan model Build and Transfer memberikan kemudahan bagi PERUMDAM TKR untuk mendapatkan dana atau biaya investasi terlebih dahulu, dengan ketersediaan pendanaan dari badan usaha pekerjaan proyek dapat segera dilaksanakan; dan (4) Jangka waktu pengembalian, model Build and Transfer memberikan percepatan pengembalian investasi dari PERUMDAM TKR kepada badan usaha.

 

Kata Kunci: Kinerja, Akses Air Minum, Penambahan Pelanggan, Cakupan Pelayanan, Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha, Build and Transfer.

 

 

Published
2022-07-05
Section
Articles