PENERAPAN STRATEGI BAURAN PEMASARAN JASA DAN STRATEGI PEMASARAN RELASIONAL TERHADAP PEMBENTUKAN NILAI JASA SERTAINPLIKASINYA PADA KEPERCAYAAN MAHASISWA PERGURUAN TINGGI STUDI PADA SEKOLAH TINGGI SWASTA DI PRIANGAN TIMUR

Authors

  • J Sugiat STIE Yasa Anggana Garut

DOI:

https://doi.org/10.33592/perspektif.v1i2.543

Keywords:

Strategi Bauran Pemasaran Jasa, Strategi Pemasaran Relasional Nilai Jasa dan Kepercayaan Mahasiswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menganalisis dan mengkaji Penerapan Strategi Bauran Pemasaran Jasa, Strategi Pemasaran Relasional, Nilai Jasa dan Kepercayaan Mahasiswa serta Pengaruh Penerapan Startegi Bauran Pemasaran Jasa dan Strategi Pemasaran Relasional terhadap Nilai Jasa serta inplikasinya pada Kepercayaan Mahasiswa baik secara simultan dan parsial pada Sekolah Tinggi Swasta di Priangan Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode survey penjelasan (Explanatory Survey Method), data dianalisa dengan menggunakan teknik analisis SEM (Structural Equation Modeling) untuk menjelaskan mengenai hubungan dan pengaruh antar variable manifest maupun analisis konfirmatory. Berdasarkan analisis hasil penelitian, diperoleh temuan sebagai berikut, Penerapan Strategi Bauran Pemasaran Jasa ada pada kategori Cukup Baik, Strategi Pemasaran Relasional ada pada kategori Baik, Nilai Jasa ada pada kategori Cukup Baik serta Kepercayaan Mahasiswa ada pada kategori Baik. Strategi Bauran Pemasaran Jasa dan Strategi Pemasaran Relasional berpengaruh secara signifikan terhadap Nilai Jasa serta inplikasinya terhadap Kepercayaan mahasiswa baik secara simultan dan parsial pada Sekolah Tinggi Swasta di Priangan Timur.

References

A.Usmara dan Budiningsih. B., 2003. Marketing Classics, Penerbit Amara Books, Jogjakarta.Ahmad Ikhwan Setiawan. 2002. Analisis Perilaku Konsumen dan Lingkungan

Bejou, D., Ennew, C.T., and Palmer, A., 1998. “Trust, Ethics and Relationship Satisfaction. International Journal of Bank Marketing, 16 (4), 170-175.

Buchari Alma. 2005. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Edisi keenam, Alfabeta, Bandung.

Fandy Tjiptono. 2005. Pemasaran Jasa. Bayumedia, Malang.

Fandy Tjiptono, Gregorius Chandra, dan Dadi Adriana. 2008. Pemasaran Strategik, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Fornell, Claes. 1992. “A National Customer Satisfaction Barometer: The Swedish Experienceâ€. Journal Of Marketing, Vol. 56.

Freddy Rangkuti. 2003. Measuring Customer Satisfaction, cetakan kedua, Penerbit Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Gareth R. Jones and Mary Mathew. 2009. Organizational Theory, Design and Change, 5th Edition (Delhi : Dorling Kindersley,) p.1 478

Gibson, J.L.,Ivancevich, J.M.,&Donnelly, J.H.2000. Organizations:Behavior, Structure,Processes. 10th ed. Boston: McGraw-Hill.

Giese, J.L and J.A. Cote. 2000. Defining Customer Satisfaction, Academy of Marketing Science Review, Vol. 2000, No. 1.

Griffin, R.W. and Moorhead, G. 1996. Organizational Behavior. Boston:Houghton Miffin Company.

Gronroos, Christian. 1982. "Strategic Management and Marketing in The Services Sector", Helsingfor: Swedish School of Economic and Business Administrations.

Hawkins, Best, Coney. 2004. Consumer Behavior: Building Marketing Strategy, Mc Graw-Hill, USA.

Healy, Genevieve. 2008. Strategic Marketing Analysis, 2nd edition, Thomson, Australia.

Hermawan Kartajaya. 1996. 36 Kasus Pemasaran Asli Indonesia, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta.

Kinnear, Thomas C and James R. Taylor. 1996. “Marketing Research: An Applied Approach,fifth edition,USA.

Koontz, Christine M. 2001. Glossary of Management and Marketing, Florida States University.

Koontz, Harold, Cyril O’Donnel, and Weihrich. 1980. Management, 7th Edition, McGraw-Hill, Kogakusha Ltd.

Koontz, Harold and Heinz Weihrich, 2007. Essentials of Management: An International Perspectives, 7th Edition (New Delhi: Tata McGraw-Hill,) p.5.

Kotler, Philip and Amstrong G. 2001. Principle of Marketing, eleventh edition, New York: Prentice Hall.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. 2007. Manajemen Pemasaran, alih bahasa Benyamin Molan, Penerbit Erlangga, Jakarta.

_____. 2009. Manajemen Pemasaran, alih bahasa Bob Sabran, Penerbit PT. Indeks,Jakarta.

_____. 2012. MarketingManagement, fourteenth edition, Pearson Prentice Hall.

Kotler, Philip., Bowen, John T., and Makens, James C. 2010. Marketing for Hospitality and Tourism, fifth edition, Perason Prentice Hall, United States.

Lamb CWJr, Hair JFJr, Mc Daniel C. 1999. Essential of Marketing, Ohio: South western Publishing.

Lovelock, Christopher and Lauren Wright. 2005. Manajemen Pemasaran Jasa, alih bahasa Agus Widyantoro, PT. Indeks, Jakarta.

Lovelock, Christopher, H., and Lauren K Wright. 2007. Manajemen Pemasaran Jasa, edisi Bahasa Indonesia, alihbahasa oleh Ir. Agus Widyantoro, PT. Indeks, Jakarta

Lovelock,C. and J. Wirtz. 2004. Service Marketing: People, Technology, Strategy, fifth edition, Pearson-Prentice Hall, Canada.

Mullins, John W, and Walker, Orville C, JR. 2010. Marketing Management, a Strategic Decision-Making Approach, Seventh Edition, McGraw-Hill International, New York, America.

Oliver, R. L. 1997. Satisfaction: A Behavioral Perspective on the Consumer, New York: Mc GrawHill. Peppers D and Rogers, M. 2004. Managing Customer Relationships. Hoboken, New Jersey: John Wiley & Sons. Inc.

Peter, Paul J. and Oslo, Jerry. 1996. Consumer Behavior, 6 ed, pg. 6. Peter-Olson. 2002. Consumer Behavior and Marketing Strategy, Eighth Edition, McGraw-Hill

Rambat Lupiyoadi dan A. Hamdani. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa, Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Ratih Hurriyati. 2008. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen, Alfabeta. Ratnasingam, P. and DD Phan. 2003. “Perdagangan Rekanan Trust di B2B E-Commerce: StudiKasus. Sistem Informasi Manajemen,vol. 20, no 3, hal.39-50.

Ravald, A and Gronroos, C. 1996. “The Value Concept and Relationship Marketingâ€. European Journal Of Marketing 30 (2): 19-30.

Rhenald Kasali. 1998. Membidik pasar Indonesia: Segmentasi, Targeting dan Positioning, cetakan kedua, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Ristiyanti Prasetijo dan John J.O.I Ihalauw. 2005. Perilaku Konsumen, Andi, Yogyakarta.

Robbins, Stephen P. and May Coulter. 2012. Management. Eleventh edition. Pearson Education Limited.

Slater. 1997. “Developing a Customer Value-Based Theory of The Firmâ€. Journal of the Academy of Marketing Service, Vol. 25 pp. 162-167.

Solomon, Michael R., Greg W. Marshall, Stuart, and Elnora W. 2009.Marketing, Real People, Real Choices, sixth edition, Pearson International Edition, New Jersey.

Stephen Robbins. 1994. Teori Organisasi, Struktur, Desain dan Aplikasi, alihbahasa Jusuf Udaya, Penerbit Arcan.

Sucherly. 2002. Strategi Pemasaran Jasa Dalam Meningkatkan Keunggulan Bersaing, Jurnal Bisnis dan Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Padjadjaran Bandung, Vol. 1. No. 1, 2002, hlm 61-80.

Sugiono. 2004. Metode Penelitian Bisnis. Cetakan ketujuh. Alfabeta, Bandung. Sung-kwon Hong, Sang-Woo Lee, Seokho Lee, and Hochan Jang. 2009.

Tam JLM. 2000. “The effects of service quality, perceived value and customer satisfaction on behavioral intentionsâ€. J. HHosp. Leis. Mark., 6(4): 31-43.

Terry, G.R. 1978. Principle of Management, 7thEd. Homewood Illinois, Richard D. Irwin Inc. 496

Tse, D. K., and Wilton, P. C. 1988. “Models of Consumer Satisfaction Formation: An Extensionâ€. Journal of Marketing Research, 25 (2), 204 -212.

Ujang Sumarwan, dkk. 2010. Pemasaran Strategik: Perspektif Value Based Marketing dan Pengukuran Kinerja, Penerbit IPB Press, Bogor.

Wen-Hwa Ko and Chihwei P. Chiu. 2008. “The Relationships Between Brand Attitude, Customers' Satisfaction and Revisiting Intentions of the University Students–A Case Study of Coffee Chain Stores in Taiwanâ€. Journal of Foodservice Business Research Volume 11, Issue 1, 2008 .

Yi, Y. 1991. A Critical Review of Consumer Satisfaction. In Review of Marketing, V. A. Zeithaml, ed., 68-123. Chicago: American Marketing Association. Zeithaml, V. A., L. L. Berry, and A. Parasuraman.

Zboja, James J. and Clay M. Voorhees. 2006. “The Impact of Brand Trust and Satisfactionâ€. Journal of Services Marketing, Volume 20., Number.5 p.381 – 390.

Zikmund, William G, 2003. Customer Relationship Management: Integrating Marketing Strategy and Information Technology. USA: John Willey & Sons, Ltd.

Peraturan

Undang-Undang No.20 Tahun 2003 tentang Sistim Pendidikan Nasional

Undang- Undang No.12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi

Keputusan Menteri Pendidikan Nasional RI No.232/U/2000 tentang Pedoman Penyusunan Kurukulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa

Keputusan Menteri Pendidikan Nasional RI No. 232/U/2002 Tentang Kurikulum Inti Perguruan Tinggi

Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012 Tentang Kerangka Kualifikasl Nasional lndonesia

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 63 Tahun 2009 Tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 67 Tahun 2009 Tentang Akreditasi Berkala IImiah

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 17 Tahun 2010 Tentang Pencegahan dan Penanggulangan Plagiat di Perguruan Tinggi

Downloads

Published

2019-11-17

Issue

Section

Articles