PELAKSANAAN KEBIJAKAN PIMPINANTERHADAP MODEL KOMPETENSI DOSEN AKADEMI KEPERAWATAN YPDR JAKARTA

Authors

  • Erialdy Erialdy Universitas Islam Syekh-Yusuf
  • Sugeng Lubar Prastowo Universitas Islam Syekh-Yusuf
  • Ade Indra Permana Universitas Islam Syekh-Yusuf

DOI:

https://doi.org/10.33592/perspektif.v2i2.666

Abstract

Dosen dalam proses pembelajaran mempunyai tanggung jawab akan keberhasilan peserta didik. Keberhasilan kompetensi lulusan sangat tergantung dari kualitas Dosen dalam penyampaian mata ajaran kepada peserta didik. Semakin baik kompetensi dosen maka semakin baik mutu lulusan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, studi dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan: (1) Direktur Akademi Keperawatan YPDR Jakarta, (2) Pembantu Direktur Bidang Administrasi dan Kepegawaian, Untuk studi dokumentasi, data dikumpulkan dari file dan dokumentasi yang dimiliki oleh Akademi Keperawatan YPDR Jakarta. Analisis data menggunakan empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Pengujian keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian pelaksanaan model kompetensi Dosen yang dikembangkan oleh Direktur Akademi Keperawatan YPDR Jakarta merupakan deskripsi tertulis tentang kompetensi yang dibutuhkan untuk mencapai kinerja tinggi atau teladan dalam kategori pekerjaan, kerja tim dalam institusi untuk menjawab tantangan internal institusi dan mempertahankan keunggulan kompetitif serta meningkatkan kinerja institusi dengan berlandaskan pada kompetensi-kompetensi sumber daya manusia.

Downloads

Published

2020-07-28

Issue

Section

Articles