Metode Simple Additive Weighting dalam Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Karyawan Berprestasi (Studi Kasus : PT. Indomarco Prismatama cabang Tangerang 1)

Authors

  • Syahriani Syam Universitas Islam Syekh Yusuf
  • Mahmud Rabidin Universitas Islam Syekh Yusuf

DOI:

https://doi.org/10.33592/unistek.v6i1.168

Abstract

Warehouse (gudang) PT. Indomarco Prismatama cabang Tangerang 1 melakukan pemilihan karyawan berprestasi untuk memacu semangat karyawan dalam meningkatkan dedikasi dan kinerjanya. Metode Simple Additive Weighting (SAW) adalah salah satu metode yang digunakan dalam proses pengambilan suatu keputusan. Konsep dasar metode SAW adalah mencari penjumlahan terbobot dari rating kinerja pada setiap alternatif pada semua atribut. Metode SAW membutuhkan proses normalisasi matriks keputusan (X) ke suatu skala yang dapat diperbandingkan dengan semua rating alternatif yang ada. Salah satu penerapan metode Simple Additive Weighting (SAW) adalah pemilihan karyawan berprestasi. Tujuan dari penelitian ini adalah memilih karyawan berprestasi di PT. Indomarco Prismatama cabang Tangerang 1.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa metode SAW tepat untuk memilih karyawan berprestasi karena dapat memperoleh karyawan yang berkualitas sesuai dengan harapan perusahaan maupun pimpinan.

References

Ashari. (2015). Penerapan Fuzzy Multiple Criteria Decision Making ( MCDM ). 1, 14–19.

Dian, S. & Permana, H. (2015). Kejuruan Teknik

Komputer Dan Jaringan Yang Terfavorit Dengan Menggunakan Multi-Criteria Decision Making, 2, 11–19.

Fitriyani, M. R. (2017). Sistem Pendukung Keputusan untuk Kenaikan Jabatan Aparatur Sipil Negara Struktural pada Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Lampung Tengah dengan Metode Simple Additive Weighting.Januari, C. I. (2015). PRESTASI KERJA ( Studi pada Karyawan PT . Telekomunikasi Indonesia , Tbk Wilayah Malang). Adm. Bisnis, 24, 1–8.

Muslim, H. & Baihaqi, M. A. M. (2016). Sistem Pendukung Keputusan Untuk Pemilihan Hotel Dengan Simple Additive Weighting (SAW) Berbasis Web. Semin. Nas. Teknol. Inf. dan Multimed, 6–7

Permatasari, S., Kridalaksana, H.H., & Suyatno, A. (2015). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Program Studi di Universitas Mulawarman Menggunakan Metode Tsukamoto (Studi kasus : Fakultas MIPA). J. Inform, 10.

Rizkandari, A., S., Saptono, R. & , W. (2016) Pemanfaatan Metode Simple Additive Weighting (SAW) Dalam Penentuan Mahasiswa Berprestasi Tingkat Universitas Sebelas Maret Surakarta. J. Teknol. Inf. ITSmart, 3(34).

Downloads

Published

2019-02-17