https://ejournal.unis.ac.id/index.php/AP/issue/feedAbdi Pandawa: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat2024-11-30T00:00:00+07:00Rizal Fahmipandawa@unis.ac.idOpen Journal Systems<p>Jurnal pengabdian kepada masyarakat <strong><em>Abdi Pandawa</em></strong> mewadahi publikasi hasil laporan kegiatan penelitian mahasiswa dan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dikelola oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UNIS Tangerang. Tujuan dari publikasi agar menyediakan tempat untuk menyebarluaskan ide dan pemikiran konseptual dalam dunia pendidikan, pengajaran dan ilmu sosial yang diharapkan dapat berkontribusi dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan tekhnologi agar dapat tercapainya tujuan pembangunan nasional.</p>https://ejournal.unis.ac.id/index.php/AP/article/view/4597Penerapan Metode Hafalan Juz ‘Amma Dengan Gerakan Tangan Pada Anak Kelas 1 di MDTA Nahjussalam Cihanjawar2024-11-15T11:00:24+07:00Sherina Dwiyantiwinartiislam05061972@gmail.comRohendirohendi.pji@gmail.comRohendirohendi.pji@gmail.comNarsumaatobib@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis metode hafalan Juz ‘Amma dengan gerakan tangan di MDTA Nahjussalam Cihanjawar. Jenis metode penelitian ini adalah penelitian lapangan atau field research dimana peneliti terjun langsung ke lapangan untuk memperoleh data dan informasi yang terkait dengan penelitian. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif. Subyek dalam penelitian ini yaitu kepala MDTA, Mahasiswa KPM siswa dan wali murid. Sedangkan obyek dalam penelitian ini yaitu penerapan hafalan juz ‘amma surah An nass beserta arti dengan gerakan tangan pada anak usia sekolah. Teknik pengumpulan data melibatkan pembicaraan dengan orang-orang, mengamati apa yang mereka lakukan, dan menuliskan informasi. Di sisi lain, menganalisis data berarti mengorganisasikannya, menunjukkannya dengan jelas, dan memeriksa kebenarannya. Tujuannya adalah untuk melihat bagaimana gerakan tangan membantu anakanak menghafal dan memahami Al-Quran dengan lebih baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan gerakan tangan memudahkan anak-anak mempelajari dan memahami Al-Quran, serta meningkatkan keterampilan motorik dan membantu mereka mengembangkan kecintaan terhadap Al-Quran.</p>2024-12-17T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Abdi Pandawa: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakathttps://ejournal.unis.ac.id/index.php/AP/article/view/4606EDUKASI PENGEMBANGAN UMKM GUNA MENINGKATKAN PROFITABILITAS MASYARAKAT DESA MARGALUYU2024-11-15T10:54:25+07:00Sri Novianti Putriputew411@gmail.comDede Rizal Munirdederijal@staimuttaqien.ac.idAde Irvi Nurul Husnamykingdom131313@gmail.com<p class="Default" style="text-align: justify; margin: 0cm 2.0cm .0001pt 2.0cm;"><span lang="EN-US" style="font-size: 11.0pt; font-family: 'Times New Roman',serif; color: windowtext;">Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) telah diakui sebagai salah satu motor utama pertumbuhan ekonomi lokal di banyak negara, termasuk di tingkat desa. Dalam konteks desa, UMKM seringkali menjadi tulang punggung ekonomi, menciptakan lapangan kerja, meningkatkan pendapatan, dan memperkuat jaringan sosial serta budaya. Namun, untuk memaksimalkan potensi UMKM dalam meningkatkan profitabilitas desa, diperlukan upaya nyata dalam edukasi dan pengembangan keterampilan bagi para pemilik usaha di tingkat lokal. Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki peran penting dalam pengembangan ekonomi lokal, terutama di wilayah pedesaan. Desa-desa seringkali menjadi tempat bersemayamnya beragam potensi ekonomi lokal yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Namun, UMKM di tingkat desa sering menghadapi berbagai tantangan, seperti keterbatasan akses terhadap modal, keterampilan manajerial yang terbatas, serta kurangnya pengetahuan tentang pasar dan teknologi. Edukasi dan pengembangan keterampilan menjadi kunci untuk mengatasi tantangan tersebut dan meningkatkan profitabilitas UMKM di desa. Dengan meningkatkan kapasitas pemilik usaha dan pelaku ekonomi lokal, diharapkan UMKM dapat lebih kompetitif, berdaya saing, dan mampu memberikan kontribusi yang lebih besar terhadap pertumbuhan ekonomi desa. </span></p>2024-12-17T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Abdi Pandawa: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakathttps://ejournal.unis.ac.id/index.php/AP/article/view/4835Model Pendidikan Kewarganegaraan Global di Sekolah Dasar Berbasis Multikulturalisme sebagai Praktik Pembangunan Berkelanjutan di Bidang Kemanusiaan2024-11-15T10:48:32+07:00Alya Rahmadiyanialyarahmadiyani04@gmail.comAyu Rahmawatiayurhmwt.25@upi.eduAceng Fahmi Idrisacengfahmi01@upi.eduAgil NanggalaAgilnanggala@upi.edu<p>Pendidikan Kewarganegaraan Global di Sekolah Dasar merupakan ilmu yang membentuk peserta didik menjadi warga global yang kompeten, dengan mengembangkan dimensi kompetensi global seperti pengetahuan, keterampilan dan karakter. Penyelenggaraan pendidikan kewarganegaraan di sekolah dasar perlu menanamkan pendidikan Kewarganegaraan Global yang berbasis multikulturalisme agar mampu mempertahankan eksistensi PKN di tanah global dan membantu mengoptimalkan proses pembangunan berkelanjutan di bidang kemanusiaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui model pendidikan kewarganegaraan global berbasis multikulturalisme di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi literatur dari berbagai sumber seperti jurnal ilmiah, artikel dan sumber lain yang relevan dengan topik penelitian. Peneliti melakukan analisis, refleksi dan finalisasi mengenai model Global Civics berbasis Multikulturalisme sebagai Praktik Pembangunan Berkelanjutan di Bidang Kemanusiaan. Data yang diperoleh dinarasikan dan dideskripsikan untuk memperoleh hasil yang komprehensif. Data menunjukkan ada lima tahapan yang terdiri dari relevansi, realisasi, inti, refleksi dan sosialisasi masif. Tahapan ini dilakukan sebagai penerapan model Pendidikan Kewarganegaraan global di sekolah dasar sebagai praktik pembangunan berkelanjutan di bidang kemanusiaan.</p>2024-12-17T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Abdi Pandawa: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakathttps://ejournal.unis.ac.id/index.php/AP/article/view/5082Pendampingan Penelitian Tindakan Kelas dan Penulisan Karya Ilmiah Pembelajaran Berbasis Literasi Digital Bagi Guru Madrasah Istiqlal 2024-11-15T10:30:58+07:00Sri Sumarnisri.sumarni@unj.ac.idIfan Iskandarifaniskandar@unj.ac.idRatna Dewantirdewanti@unj.ac.idIfan Iskandarifaniskandar@unj.ac.idSiti Drivoka Sulistyaningrumdrivoka@unj.ac.idRizdika Mardianarizdikamardiana@unj.ac.id<p>Penelitian Tindakan kelas merupakan jalur strategis untuk pengembangan profesionalisme yang diwajibkan bagi para guru di Indonesia, namun tidak semua guru percaya diri dalam melakukan penelitian ini karena berbagai alas an. Pengabdian Masyarakat ini bertujuan memberikan pengetahuan dan pendampingan penelitian tindakan kelas dan penulisan karya ilmiah. Sasarannya adalah para guru bahasa, sains dan ilmu pengegtahuan sosial di Madrasah Ibtidaiyah, Tsanawiyah dan Aliyah Istiqlal Jakarta. Kegiatan dilakukan dengan pelatihan dan lokakarya secara luring dan asinkronous, sejak bulan Maret sampai dengan September 2024. Kegiatan diawali dengan pemberian pengetahuan tentang penelitian tindakan kelas, dan penulisan karya ilmiah serta merefleksikan pembelajaran berbasih literasi digital yang telah dilakukan oleh para guru, diikuti dengan pendampingan dalam merancang penelitian, mulai dari menuliskanm judul, latar belakang dan masalah serta tujuan penelitian; mencari referensi dan menuliskan kajian pustaka; dilanjutkan dengan mempersiapkan langkah-langkah meneliti dan instrument penelitian. Berdasarakan keaktifan berpartisipasi dan produk lokakarya yang ditampilkan para peserta dapat disimpulkan bahwa pengabdian masyarakat ini dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para peserta dalam merancang penelitian tidakan kelas.</p>2024-12-17T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Abdi Pandawa: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakathttps://ejournal.unis.ac.id/index.php/AP/article/view/5250Incinerator Asap Cair Sebagai Inovasi Teknologi Tepat Guna Dalam Mengatasi Masalah Sampah di Desa Bantar Panjang2024-11-15T10:42:35+07:00Laras Annisa Ulfitri Nedimuslim.hijrah2022@gmail.com<p>Sampah rumah tangga dan sisa hasil pertanian menjadi salah satu permasalahan yang belum tertangani di Desa Bantar Panjang, dan memicu banyak terjadi pembakaran sampah sembarangan di ruang terbuka oleh masyarakat sehingga menyebabkan pencemaran lingkungan, Oleh karena itu, pemanfaatan teknologi dan limbah organik untuk menghasilkan asap cair dengan kualifikasi grade 3 diharapkan dapat menjadi solusi untuk menangani permasalahan lingkungan tersebut melalui kegiatan Kuliah Kerja Kemasyarakatan (KKK). Metode pelaksanaan kegiatan ini meliputi sosialisasi dan penyediaan teknologi, serta praktik langsung dalam pengolahan sampah dan produksi asap cair. Teknologi tepat guna dapat diaplikasikan untuk membantu menyelesaikan masalah lingkungan masyarakat Desa Bantar Panjang, <em>incinerator</em> asap cair yang digunakan mampu memproduksi 48,75 ml asap cair per jam dengan kualitas grade 3.</p>2024-12-17T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Abdi Pandawa: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakathttps://ejournal.unis.ac.id/index.php/AP/article/view/5256Pelatihan Pembuatan Pempek Berbahan dasar Ikan Bandeng dalam Upaya Meningkatkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UKM) pada Masyarakat Desa Mauk Barat, Kabupaten Tangerang. 2024-11-15T10:24:25+07:00Juwita Qadarsi Qadarsijuwitaqadarsi@unis.ac.id<p><strong><em>ABSTRACT</em></strong></p> <p><em><span style="font-weight: 400;">The Community Service Program (KKK) in Mauk Barat Village aims to improve the community's economy through the empowerment of the micro, small, and medium enterprises (MSMEs) sector. One of the main programs implemented is training on making pempek innovated with milkfish as the main ingredient, which is a local natural resource. This program is designed to utilize the potential of milkfish as a raw material for high-nutrition and high-market-value products, while also enhancing the community's skills in fish processing. The steps taken by the team involve three stages: Socialization, Practice & Packaging, and Marketing Education. Socialization involves raising awareness of the importance of entrepreneurship to improve the economy. Practice & Packaging includes training on making pempek from milkfish and packaging it into a highly marketable product. Marketing education teaches how to sell both online and offline. The training is conducted using a participatory method, actively involving the community in every stage, from planning to implementation. As a result of the training, participants successfully applied the skills they acquired in independently producing milkfish pempek, guided by experienced instructors, and the community began to develop home-based businesses, which led to increased economic income. This program contributes to improving the village economy through the development of MSMEs based on local potential."</span></em></p> <p><strong><em>Keywords:</em></strong><em><span style="font-weight: 400;"> Economic empowerment, Pempek milkfish, MSMEs, Mauk Barat Village</span></em></p> <p> </p>2024-12-17T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Abdi Pandawa: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakathttps://ejournal.unis.ac.id/index.php/AP/article/view/5574Pembinaan dan Pengawasan Jasa Usaha Pariwisata : Melaksanakan Standarisasi Resiko di Kota Tangerang2024-11-22T09:35:29+07:00baghas budibaghas.budi@ubd.ac.id<p style="font-weight: 400;"><em>Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis standar usaha restoran dalam konteks pariwisata, termasuk kualifikasi dan klasifikasi usaha berdasarkan aspek produk, pelayanan, dan pengelolaan usaha. Metode penelitian yang digunakan meliputi kajian literatur dan analisis regulasi terkait, serta wawancara dengan pelaku usaha restoran dan pihak berwenang dalam bidang pariwisata. Penelitian ini juga meninjau implementasi Sertifikasi Standar Usaha Restoran Berbasis Risiko yang mencakup usaha dengan risiko rendah hingga tinggi, berdasarkan kriteria keselamatan dan kesehatan kerja (K3), kesehatan masyarakat, dan lingkungan (K3L). Hasil penelitian menunjukkan bahwa sertifikasi dan standar usaha restoran yang diterapkan melalui Lembaga Online Single Submission (OSS) dan Lembaga Sertifikasi Usaha Bidang Pariwisata (LSU Bidang Pariwisata) efektif dalam memastikan pemenuhan standar keselamatan, kesehatan, dan kualitas pelayanan di industri restoran. Namun, terdapat tantangan dalam sosialisasi dan penerapan standar ini di kalangan pelaku usaha kecil dan menengah. Kesimpulannya, standar dan sertifikasi usaha restoran berperan penting dalam meningkatkan kualitas dan daya saing industri restoran dalam sektor pariwisata, tetapi perlu ada upaya lebih lanjut dalam meningkatkan pemahaman dan kepatuhan pelaku usaha terhadap standar tersebut</em></p>2024-12-17T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Abdi Pandawa: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakathttps://ejournal.unis.ac.id/index.php/AP/article/view/5575Pencegahan Stunting dan Pengembangan Potensi Tumbuh Kembang Anak di Kelurahan Gembor Kecamatan Periuk Kota Tangerang2024-11-22T09:32:57+07:00Siti Nurislamiahsitinurislamiah@unis.ac.idAriesta Setyawatiariestasetyawati@unis.ac.idFarhan Shirath1903020049@unis.ac.id<p>Kegitan workshop pencegahan stunting adalah sebuah kegiatan yang bertujuan untuk memberikan arahan dan sosialisasi kepada masyarakat kelurahan gembor khusus nya yang sedang hamil dan memiliki balita, agar selalu memperhatikan gizi janin atau anak nya sehingga bisa terpenuhi dan terhindar nya dari stunting. Metode kegiatan yang kami lakukan pada kegiatan ini berbentuk workshop, Dialog dan tanya jawab seputar stunting. Pemateri pada kegiatan ini adalah ibu Ari Lestari. S.Gz, selaku ahli gizi dari puskesmas kelurahan gembor, yang sangat detail menyampaikan materi terkait pencegahan stuntung. Hasil dari pengabdian kami dalam kegiatan workshop pencegahan stunting, masyarakat di kelurahan gembor menjadi lebih selektif dalam memperhatikan pekembangan tumbuh kembang janin atau anak nya. Selain itu juga, kegiatan ini di sambut baik oleh aparat pemerintah setempat dalam hal ini Bpk. Sobri. S.Ip selaku lurah di kelurahan gembor, yang sangat mengapresiasi terhadap kegiatan ini. </p>2024-12-17T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Abdi Pandawa: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakathttps://ejournal.unis.ac.id/index.php/AP/article/view/5643Mengatasi Bullying di Sekolah Dasar: Upaya Kolaboratif untuk Mewujudkan Lingkungan Belajar yang Aman dan Nyaman. 2024-11-28T22:05:19+07:00Aisha Nadiaaishanadya@unis.ac.id<p>Bullying atau perundungan merupakan masalah serius yang kerap terjadi di lingkungan sekolah dasar dan berdampak buruk bagi perkembangan anak. Dampaknya tidak hanya merugikan korban secara fisik dan mental, tetapi juga mengganggu proses belajar mengajar serta menciptakan iklim sekolah yang tidak sehat. Artikel pengabdian kepada masyarakat ini memaparkan upaya kolaboratif antara akademisi, guru, dan mahasiswa peserta kuliah kerja kemasyarakatan dalam menangani bullying di sekolah dasar. Program ini mencakup sosialisasi, pelatihan, dan pendampingan untuk meningkatkan kesadaran, pemahaman, dan keterampilan dalam pencegahan dan penanganan bullying.</p>2024-12-17T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Abdi Pandawa: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat