KOMUNIKASI MULTIMODAL ALFIANSYAH KOMENG DALAM PEMILIHAN UMUM DEWAN PERWAKILAN DAERAH RI 2024

Authors

  • Fajar Nugraha Institut Agama Islam Tazkia
  • Wulan Nayla Luthfiyanti Institut Agama Islam Tazkia
  • Siti Nuraeni Institut Agama Islam Tazkia
  • Khaeruni Institut Agama Islam Tazkia

DOI:

https://doi.org/10.33592/dk.v12i2.5784

Abstract

Penelitian ini mengangkat pertanyaan penelitian tentang bagaimana kerangka komunikasi multimodal Alfiansyah Komeng dalam Pemilihan Umum Dewan Perwakilan Daerah RI 2024. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan kerangka komunikasi multimodal Alfiansyah Komeng dalam Pemilihan Umum Dewan Perwakilan Daerah RI 2024. Hasil penelitian ini diharapkan dapay memberikan manfaat pada pemahaman mendalam tentang konsep analisis multimodal sebagai alat komunikasi politik dalam kampanye politik.. Metode penelitian yang digunakan dengan pendekatan deskriptif kualitatif dengan analisis teori komunikasi multimodal dari Kress dan Van Leeuwen. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa secara komponen identional foto komeng di kertas suara calon DPD RI membawa kesan lucu sehingga membuat masyarakat untuk mencoblosnya.  Secara interpersonal persepsi piblik terhadap komeng menunjukkan bahwa komeng sebagai sosok yang asli apa adanya, unik dan menghibur. Komeng sebagai komedian telah melekat sejak lama dan secara tidak langsung menjadi identitas sosial dirinya, krakteristik Komeng yang humoris memberikan sebuah stimulus efektif terhadap para pemilih yang kemudian melahirkan interaksi positif.

Downloads

Published

2024-12-27